IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB BERBASIS TRADISI PESANTREN DI SMP PLUS AL HADI TUBAN

Penulis

  • Lissa Widayati Universitas Negeri Surabaya
  • Rahmanu Wijaya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n1.p119-129

Kata Kunci:

Impementasi Karakter, Karakter Disiplin, Tanggung Jawab, Tradisi Pesantren

Abstrak

Penelitian ini dipicu oleh situasi pendidikan saat ini yang menunjukkan penurunan kualitas, terutama dalam aspek pendidikan afektif peserta didik. Dampaknya terlihat pada moralitas generasi muda yang semakin menurun, tercermin dari meningkatnya perilaku yang tidak sejalan dengan nilai dan norma, seperti korupsi, kenakalan remaja, kecurangan, dan absensi di sekolah. Oleh karena itu, integrasi nilai-nilai pendidikan karakter pada anak, terutama di sekolah berbasis pesantren yang bertujuan membentuk akhlakul karimah, menjadi sangat penting. Aspek disiplin dan tanggung jawab merupakan bagian krusial dari kegiatan sekolah dan sangat esensial, mencakup sikap, perilaku, motivasi, dan keterampilan. Pendidikan karakter memegang peran vital dalam membentuk individu berkualitas dan berpotensi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pendidikan karakter berbasis tradisi pesantren, khususnya dalam disiplin dan tanggung jawab, di SMP Plus Al Hadi Tuban. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan verifikasi. Teori pendidikan karakter yang mendasari penelitian ini adalah teori Thomas Lickona. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam disiplin dan tanggung jawab di SMP Plus Al Hadi Tuban telah dilakukan secara optimal. Pendidikan karakter telah terintegrasi dalam setiap mata pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler, mengajarkan siswa untuk menjalankan disiplin dan tanggung jawab. Selain itu, kebiasaan positif seperti istighosah, apel pagi, doa bersama, dan sholat dhuha juga menjadi cerminan dari disiplin dan tanggung jawab yang terbentuk di sekolah ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-10-18

Cara Mengutip

Widayati, L., & Wijaya, R. (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB BERBASIS TRADISI PESANTREN DI SMP PLUS AL HADI TUBAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 12(1), 119–129. https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n1.p119-129
Abstract views: 154 , PDF Downloads: 575