PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM PENGUATAN SIKAP PEDULI SOSIAL DAN TOLERANSI BERAGAMA SISWA SMA LABSCHOOL UNESA
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n1.p16-26Kata Kunci:
Kata Kunci: Sosiodrama, sikap peduli sosial, sikap toleransi beragama, Labcschool Unesa.Abstrak
Abstrak
Sikap peduli sosial dan sikap toleransi beragama masih menjadi persoalan di SMA Labchool Unesa, sehingga melalui penerapan metode sosiodrama diharapkan dapat dikuatkan sikap peduli sosial dan sikap toleransi beragama pada siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Desaign. Populasi sebanyak 169 siswa yang didapatkan dengan menggunakan teknik probability sampling sebanyak 72 siswa terdiri dari kelas 11 Bikifimae 1 sebanyak 36 siswa kelas eksperimen dan kelas 11 Bikifimae 2 sebanyak 36 siswa kelas kontrol. Variabel penelitian yaitu penerapan metode sosiodrama sebagai variabel kontrol, sementara variabel terikat dalam penelitian ini adalah sikap peduli sosial dan sikap toleransi beragama. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan dan penilaian sikap melalui penilaian diri pada prettest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS Statistics versi 23. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Uji Paired Samples t Test dengan hasil Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,013 < 0,05 untuk variabel sikap peduli sosial dan Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 untuk variabel sikap toleransi beragama, sehingga hasil menunjukkan bahwa Ha diterima, artinya melalui analisis secara terpisah dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sosiodrama berpengaruh positif signifikan terhadap penguatan sikap peduli sosial dan berpengaruh positif signifikan terhadap penguatan sikap toleransi beragama pada siswa di SMA Labschool Unesa, sehingga penerapan metode sosiodrama dapat dijadikan alternatif dalam menguatkan sikap peduli sosial dan sikap toleransi beragama siswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

