UPAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DI SMAN 1 PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI

Penulis

  • Heri Sutrisno Universitas Negeri Surabaya
  • Oksiana Jatiningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n1.p98-108

Kata Kunci:

Disiplin, Tata Tertib, Pembentukan karakter disiplin

Abstrak

Disiplin terbentuk melalui serangkaian tindakan untuk membangun nilai-nilai kepatuhan terhadap peraturan maupun kebijakan. Pembentukan karakter disiplin perlu dilaksanakan pada lingkungan keluarga, sekolah maupun pada lingkungan masyarakat. Banyak temuan mengenai masalah disiplin di SMAN 1 Plemahan yang bisa menjadi budaya. Dari mulai siswa datang ke skolah terlambat, masuk jam pelajaran terlambat, mengenakan seragam yang tidak lengkap dan terlambat mengumpulkan tugas. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah dalam penelitian yaitu bagaimana upaya sekolah dalam pembentukan karakter disiplin di SMAN 1 Plemahan Kabupaten Kediri. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. penelitian ini pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Yang menjadi informan yaitu waka kesiswaan, guru PPKn, dan BK. Data dikumpulkan melalui observasi mendalam untuk melihat perilaku siswa serta menggunakan wawancara yang dilakukan kepada informan untuk menggali informasi. Teknik analisis data menguanakan tehnik yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pembentukan karakter disiplin yang dilakukan sekolah dengan menggunakan teori Behavioristik menurut BF Skinner melalui metode Reward dan Punishment. Dapat dilihat dari upaya sekolah dalam pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler, upacara bendera, serta kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Upaya yang dilakukan sekolah memang berjalan tetapi kurang efektif mengingat sekolah cenderung menggunakan metode hanya dengan memberikan Hukuman yang mengakibatkan kurang efektif dan masih banyak siswa yang akan melakukakan tindakan non disiplin. sebaiknya sekolah juga menggunakan pemberian reward bertujuan agar terciptanya operant conditioning yang dapat berjalan efektif dengan mengupayakan pembentukan karakter.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Akdon. 2006. Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Annisa Sahabsari, I Made Suwanda. 2017. Strategi Guru Ppkn Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Pembelajaran Daring Di SMA Negeri 16 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol.10, No.1.

Abyantara Ahnaf Sujana, Rahmanu Wijaya. 2024. Strategi Penanaman Karakter Disiplin Melalui Penegakkan Tata Tertib dan Pembelajaran Ppkn di SMKN 5 Surabaya. Kajian Moral dan Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

B.Hurlock, Elizabeth.1990. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan dalam Suatu Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Creswell, John W, 2014, Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Curvin, R. L., & Mindler, A. N. 1999. DisciplineWith Dignity. USA: Association For Supervision And Curriculum Development.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang system pendidikan nasional.

Dewantara, KH. 1967. Ki Hadjar Dewantara. Yogyakarta: Majelis Leluhur Taman Siswa

Dian Tri Utari. 2016. Skripsi. Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Di SMP Negeri 2 Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Fathurrohman, Pupuh, dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama

Fika Inayati Resti. 2017. Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab. Siswa Sma Negeri 1 Demak Melalui Program Tertib Parkir Di Sekolah. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Fitriyah, Ibanatal. 2018. “Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin pada Siswa Kelas IV di MI Annidhomiyah Kabupaten Pasuruan” Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Mursyidi, W. 2019. Kajian Teori Belajar Behaviorisme Dan Desain Instruksional. Almarhalah Jurnal Pendidikan Islam, 1, 33–38.

Naim, Ngainun. 2012. Character Building; Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Nahar, N.I. 2016. Penerapan teori belajar Behavioristik dalam proses pembelajaran. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial),1, hal 64-74.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Soemarno, D. 1998. Pedoman pelaksanaan disiplin nasional dan tata tertib sekolah . Jakarta: CV. Mini Jaya Abadi.

Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Supra Yogi. 2019. Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Penerapan Tata Tertib Sekolah Dan

Pembelajaran PPKn di SMAN 1 Teladan Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Suradi. 2017. Pembentukan karakter siswa melalui penerapan disiplin tata tertib sekolah. jurnal riset dan konseptual. Vol 2, No 4, Hal 522-533.

Suwito, Anton. 2012. Integrasi Nilai Pendidikan Karakter Kedalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Melalui Rpp. Jurnal Ilmiah. Vol.1, No.2.

Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusli, Radif Khotamir, And Kholiq Ma. “Teori Belajar dalam Psikologi Pendidikan,” April 15, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-18

Cara Mengutip

Sutrisno, H., & Jatiningsih, O. (2024). UPAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DI SMAN 1 PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 12(1), 98–108. https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n1.p98-108
Abstract views: 61 , PDF Downloads: 33