STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN SIKAP MANDIRI BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA AL IKHSAN BAGOR NGANJUK

Penulis

  • Novita Fairuz Fauzi'ah Universitas Negeri Surabaya
  • Listyaningsih Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n1.p141-153

Kata Kunci:

Strategi, Sikap Mandiri, Siswa Berkebutuhan Khusus

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi yang dilakukan oleh guru Sekolah Luar Biasa Al Ikhsan Bagor Nganjuk kepada siswa berkebutuhan khusus. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa dengan ketunaan autis yang berada di kelas 5 Sekolah Dasar. Hal ini dikarenakan siswa dengan ketunaan autis menjadi siswa dengan ketunaan terbanyak pada tingkat Sekolah Dasar yaitu di kelas 5 SD. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Behavioristik Classical Conditioning yang dikembangkan oleh Ivan Petrovich Pavlov. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Penelitian ini mengambil informan dari guru di Sekolah Luar Biasa Al Ikhsan Bagor sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru Sekolah Luar Biasa Al Ikhsan Bagor Nganjuk yaitu : (1) melalui pemberian apresiasi. Pemberian apresiasi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pertama dalam bentuk gestur atau gerakan badan seperti memberikan tepuk tangan ketika siswa berhasil menyelesaikan suatu kegiatan. Kedua dalam bentuk verbal atau kata-kata seperti kata semangat, kamu hebat, kamu luar biasa (2) melalui permainan. Kegiatan bermain merupakan salah satu faktor yang dapat merangsang  perkembangan sensorik, motorik, serta kognitif siswa seperti permainan puzzle, lempar bola, memasang bagian anggota tubuh, dan mewarnai

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-21

Cara Mengutip

Fauzi’ah, N. F., & Listyaningsih, L. (2024). STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN SIKAP MANDIRI BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA AL IKHSAN BAGOR NGANJUK. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 12(1), 141–153. https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n1.p141-153
Abstract views: 90 , PDF Downloads: 110