Implementasi Kebijakan Penilaian Berbasis Literasi Membaca Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Sma Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo

Penulis

  • Hanadya Sekaryati Universitas Negeri Surabaya
  • Harmanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n3.p362-371

Kata Kunci:

Implementasi, Kebijakan, Literasi Membaca

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan penilaian berbasis literasi membaca pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus karena dengan adanya Kebijakan dari sekolah mengenai penilaian berbasis literasi pada semua mata pelajaran khususnya yang mengarah pada bentuk soal-soal AKM. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan berawal dari Kepala Sekolah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) kepada semua Bapak/Ibu guru mata pelajaran untuk memasukkan soal-soal AKM dalam penilaian sumatif. Kemudian, Kepala Sekolah menunjuk Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum sebagai koordinator pelaksanaan kebijakan. Dalam menyampaikan kebijakan kepada Bapak/Ibu guru, Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum bekerjasama dengan Tim Pengembang Kurikulum sekolah dalam melakukan workshop bagi Bapak/Ibu guru, memberikan pengarahan dan menjadi korektor soal yang dibuat oleh Bapak/Ibu guru. Guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila sendiri dalam melaksanakan kebijakan mengembangkan soal dari tiga aspek yaitu konten, proses kognitif dan konteks. Konten yang diterapkan berupa teks informasi/teks artikel sebagai stimulus, dari teks tersebut kemudian mengarahkan peserta didik untuk dapat menemukan informasi dalam teks, mengolah apa yang sudah dibaca dan mengaitkan dengan pengetahuan yang dimilikinya. Sementara konteks yang diberikan dapat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik, kejadian terkini atau hanya mengenai materi pembelajaran saja. Hal ini menunjukkan bahwa penyebaran tanggungjawab dalam variable struktur birokrasi berjalan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-01-03

Cara Mengutip

Sekaryati, H., & Harmanto. (2025). Implementasi Kebijakan Penilaian Berbasis Literasi Membaca Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Sma Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 12(3), 362–371. https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n3.p362-371
Abstract views: 92 , PDF Downloads: 106