PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN TERHADAP ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS 1 BLITAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n3.p395-409Kata Kunci:
Fostered Children, Educational Rights, Special Development Institution for ChildrenAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan hak atas pendidikan terhadap anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Blitar dan faktor pendukung serta penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data secara primer dan data sekunder. Data dikumpulkan melalui wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan hak untuk mendapatkan pendidikan bagi anak binaan di lembaga pembinaan khusus anak belum sepenuhnya terpenuhi. Namun upaya pelaksanaan pendidikan terus dilakukan sebaik mungkin mengingat pentingnya pendidikan bagi anak yang sedang menjalani masa pidana. Berdasarkan teori keadilan John Rawls, penelitian ini menemukan bahwa kesetaraan dan keadilan distributif belum sepenuhnya terwujud. Penelitian ini memberikan saran kepada pemerintah agar meningkatkan kebijakan dan praktik pendidikan yang lebih adil dan inklusif bagi anak yang sedang berhadapan dengan hukum.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

