Implementasi Program Roots Indonesia dalam Mengatasi Perilaku Bullying di SMKN 1 Rejotangan Kabupaten Tulungagung

Penulis

  • Maya Adelina Istighfaria Universitas Negeri Surabaya
  • Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n3.p384-394

Kata Kunci:

Implementasi, Program Roots Indonesia, Perilaku Bullying

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program roots Indonesia di SMKN 1 Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, dan mengidentifikasi hambatan dalam implementasi program roots Indonesia di SMKN 1 Rejotangan, Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan George C. Edward III. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Kesiswaan, Guru Bimbingan Konseling/Guru Fasilitator, siswa agen perubahan, dan beberapa perwakilan siswa dari kelas X, XI, XII SMKN 1 Rejotangan.  Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program roots Indonesia di SMKN 1 Rejotangan terdiri dari beberapa tahapan, yaitu (1) Pemilihan fasilitator guru, (2) Pelatihan fasilitator guru, (3) Survei awal dan pemilihan siswa sebagai agen perubahan, (4) Pelatihan siswa agen perubahan, (5) Aksi siswa agen perubahan dan fasilitator guru, (6) Aksi berbasis siswa yang meliputi sosialisasi, deklarasi, kampanye anti-bullying, dan pentas seni dan karya. Hambatan dalam pelaksanaan program roots Indonesia di SMKN 1 Rejotangan meliputi sulitnya regenerasi fasilitator guru, keterbatasan interaksi dengan pelaksana, keraguan orang tua terhadap peran siswa sebagai agen perubahan, kesulitan dalam mengatur jadwal pelatihan, rendahnya kesadaran siswa akan bahaya bullying, serta keterbatasan sumber daya finansial untuk mendukung kebutuhan program.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-01-03

Cara Mengutip

Istighfaria, M. A., & Listyaningsih. (2025). Implementasi Program Roots Indonesia dalam Mengatasi Perilaku Bullying di SMKN 1 Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 12(3), 384–394. https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n3.p384-394
Abstract views: 93 , PDF Downloads: 162