PEMANFAATAN “KAHOOT” SEBAGAI MEDIA ASESMEN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA HANG TUAH 4 SURABAYA

Penulis

  • Karunia Rahayu Nur Amina Universitas Negeri Surabaya
  • Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v13n3.p245%20-%20254

Kata Kunci:

kahoot, motivasi, hasil belajar, pendidikan pancasila

Abstrak

Kahoot merupakan media pembelajaran berbasis internet mempunyai fitur dengan bentuk permainan kuis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pemanfaatan “kahoot” sebagai media asesmen yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan Quasi-Experimental Design. Peneliti menggunakan desain Posttest Only Control Design sehingga pengaruh treatment dapat dihitung dengan cara membandingkan nilai pada kelas control dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data terdiri atas pemberian tes melalui aplikasi kahoot dan angket respon peserta didik terhadap penggunaan kahoot mendapatkan persentase sebanyak 84% dan motivasi belajar awal sebanyak 51% dengan kriteria cukup baik dan motivasi belajar akhir sebanyak 86% dengan kriteria sangat baik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan rumus one sample t test. Berdasarkan hasil uji hipotesis one sample t test, output nilai tes diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05, dengan pengambilan keputusan jika nilai sig < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, jika nilai sig > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena sig.(2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 yakni pemanfaatan kahoot sebagai media asesmen dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi pengenalan norma dalam kehidupan sehari-hari.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

unyamin, A. C., Juita, D. R., &Syalsiah, N. (2020). Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Gunahumas, 3 (1), 43–50.

Damayanti, N. A., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1647-1659.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas penggunaan kahoot! untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-104.

Kapp, K. M. (2012). The gamification of learning and instruction: Game-based methods and strategies for training and education. Pfeiffer.

Masyrufin, A. (2022). Pengembangan Game Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 63-73.

Nugraha, A. S., &Kuswono, K. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Sejarah Menggunakan Aplikasi Kahoot Dengan Pola Berpikir Kronologis Siswa Pada Materi Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kotagajah. Swarna Dwipa, 3(2), 54-63.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232.

Permatasari, S., Zulhafizh, Z., Septyanti, E., Mustika, T. P., Rasdana, O., Pernantah, P. S., &Rizka, M. (2023). Asesmen Digital berbasis Kahoot dalam Evaluasi Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2710-2714.

Santoso, J. T. B., &Widiyanti, A. (2022). Kahoot! Sebagai Inovasi Evaluasi Hasil Belajar Siswa Yang Efektif Dan Menyenangkan. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(2), 171-185.

Sugiyono, 2016.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. Penerbit Alfabeta

Sugiyono, 2022.Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung. Penerbit Alfabeta

Diterbitkan

2025-10-05

Cara Mengutip

Karunia Rahayu Nur Amina, & Listyaningsih. (2025). PEMANFAATAN “KAHOOT” SEBAGAI MEDIA ASESMEN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA HANG TUAH 4 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 13(3), 245–254. https://doi.org/10.26740/kmkn.v13n3.p245 - 254
Abstract views: 46 , PDF Downloads: 29