PENANAMAN KARAKTER PERCAYA DIRI MELALUI LATIHAN DAN PEMENTASAN TARI PADA PESERTA KELAS REMAJA DI MAHALAWU DANCE STUDIO KABUPATEN MAGETAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v13n1.p21-34Kata Kunci:
Karakter, Percaya Diri, Pendidikan Non-Formal, Sanggar TariAbstrak
Karakter percaya diri merupakan salah satu aspek tentang kepribadian yang penting dan membantu manusia dalam masa perkembangan pribadinya khususnya bagi remaja. Di era saat ini sebagian besar remaja memiliki perasaan insecure dalam menunjukkan kemampuannya. Perasaan insecure tersebut merupakan bagian dari ketidakpercayaan diri yang perlu diatasi. Mahalawu Dance Studio sebagai suatu pendidikan di lingkup non formal selain mencetak penari profesional juga membentuk karakter salah satunya percaya diri. Rumusan masalah melihat bagaimana penanaman karakter percaya diri melalui latihan dan pementasan tari pada peserta kelas remaja di Mahalawu Dance Studio Kabupaten Magetan. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus.. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan moderat dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui analisis model Miles dan Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan proses penanaman karakter percaya diri oleh Mahalawu Dance Studio melalui pemberian penguatan. Proses bertahap tersebut berisi empat tahapan yakni: (1) Membentuk komitmen untuk mengenali karakter peserta dan pondasi awal pembelajaran (2) Mengkondisikan perilaku peserta melalui pengenalan dan pemberian penguatan. (3) Membangun kesadaran perilaku peserta melalui pengulangan penguatan. (4) Menciptakan dampak pembiasaan perilaku terhadap diri dan sanggar. Pada proses yang melibatkan penguatan tersebut terdiri atas tujuh penghargaan dan enam hukuman dalam bentuk verbal maupun non-verbal. Temuan akhir penelitian menunjukkan bahwa proses penanaman karakter dalam lingkup pendidikan non-formal memerlukan pembentukan komitmen di awal guna memperkokoh pondasi konsep diri serta hubungan antara pemberi dan penerima stimulus.
Unduhan
Referensi
Aini, G.N. and Noordiana, N. (2021) ‘Peningkatan Karakter Pelajar Melalui Lomba Tari Tradisional Di Royal Plaza Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(2), pp. 172–189. Available at: https://doi.org/10.26740/jps.v10n2.p172-189.
Basri, H.H. and Murtaddlo, M. (2021) ‘Indeks Karakter Siswa 2021’, Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 1(1), p. 5.
Bramastha, N. and Setyowati, R.N. (2022) ‘Praktik Nilai-Nilai Religius sebagai Upaya Meminimalisir Tindak Kenakalan Peserta Didik di SMA Negeri 1 Ngoro’, Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(1), pp. 130–144. Available at: https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p130-144.
Damayanti, N. kadek ayu, Asril, N.M. and Wirabrata, D.G.F. (2023) ‘Kegiatan Seni Tari Kreasi Terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok Usia 5-6 Tahun’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), pp. 140–147. Available at: https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.63471.
Fahreza, M., Novalinda, S. and ... (2023) ‘Penciptaan Karya Tari “Made By Society” Berdasarkan Standardisasi Kecantikan’, … dan Penciptaan …, x(Perempuan), pp. 1–14.
Fauziyah, I. (2022) ‘Pengaruh Body Dissatisfaction Terhadap Kepercayaan Diri Pada Anggota Senam Di Sanggar Senam X’, PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi), 17(2), p. 122. Available at: https://doi.org/10.30587/psikosains.v17i2.4586.
Gardini, T., Sri Martini Maelani, R. and Hartati, S. (2023) ‘Pengaruh Metode Pembelajaran Tari dan Jenis Kelamin terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun’, Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), pp. 129–140. Available at: https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.301.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R.S. (2010) ‘Teori-teori Psikologis’, p. 202.
Gupta, S. (2023) How to Be Less Insecure, verywellmind. Available at: https://www.verywellmind.com/how-to-be-less-insecure-7100449.
Hadiyati, H. and Fatkhurahman, F. (2021) ‘Dampak Kepercayaan Diri Mahasiswa Berwirausaha Melalui Lingkungan Keluarga dan Kemandirian’, INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 5(1), pp. 77–84. Available at: https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i1.213.
Hamruni, Hamruni ; Syaddad, Irza A ; Zakiah, Z. and P. (2021) Teori Belajar Behaviorisme dalam Perspektif Pemikiran Tokoh-Tokohnya. 1st edn. Edited by N. Saidah. Yogyakarta: Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Lestari, S.P. and L. (2024) ‘Pembentukan Sikap Percaya Diri Pada Anak Jalanan di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya’, Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 12(2).
Manik, S.K.Y. Al (2022) ‘Pengaruh Ekstarakulikuler Tari Terhadap Pendidikan Karakter Kerja Sama Siswa di SDIT AL Akbar Karanggayam Srengat Blitar’, Islamic Elementary School (IES), 2(2), pp. 1–14. Available at: http://www.jurnal.iairm-ngabar.com/index.php/ies/article/view/359%0Ahttp://www.jurnal.iairm-ngabar.com/index.php/ies/article/download/359/224.
Nashiwa Natania Salsabilla and Indrayuda Indrayuda (2024) ‘Dampak Pelatihan Tari terhadap Rasa Percaya diri Siswa di SMAN 4 Pariaman’, Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(2), pp. 198–208. Available at: https://doi.org/10.47861/jdan.v2i2.1238.
Nurfitri, A. (2024) ‘Hubungan Konsep Diri dengan Kepercayaan Diri pada Remaja Awal di Sanggar Tari Lembaga Kesenian Bunga Tanjung’, Repository Medan Area University. [Preprint].
Prakoso, Y.A. and Wijaya, R. (2022) ‘Kompetensi Guru PPKn Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Dan Sopan Santun’, Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan., pp. 459–475.
Rahmadyani, C.G., Rohim, A. and Wulan, N. (2023) ‘Hubungan Antara Rasa Syukur Dengan Tingkat Insecure Pada Remaja Di Sma Negri 1 Kuningan Tahun 2023’, National Nursing Conference, 1(2), pp. 243–252. Available at: https://doi.org/10.34305/nnc.v1i2.893.
Rais, M.R. (2022) ‘Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja’, Al-Irsyad, 12(1), p. 40. Available at: https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935.
Rijali, A. (2019) ‘Analisis Data Kualitatif’, Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), p. 81. Available at: https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Sagala, S. (2017) Konsep dan Makna Pembelajaran. 13th edn. Bandung: CV. Alfabeta.
Sawitri et al. (2022) ‘Peningkatan Pendidikan Karakter Anak Melalui Pendidikan Budaya Di Sanggar Karawitan Dhalem Kawijayan Desa Triyagan, Kecamatan Mojolaban’, Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 166–175. Available at: https://doi.org/10.56799/joongki.v1i2.349.
Siregar, S.R.P. (2023) Rasa Insecure dan Kepercayaan Diri, Suara Kampus. Available at: https://suarakampus.com/rasa-insecure-dan-kepercayaan-diri/.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 67
,
PDF Downloads: 60


