Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Sopan Santun Peserta Didik di SMPN 22 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v13n3.p255-269Kata Kunci:
Sikap, sopan-santun, dan karakterAbstrak
Karakter sopan santun merupakan salah satu nilai moral yang harus ditanamkan dalam dunia pendidikan, khususnya di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan karakter sopan santun pada peserta didik di SMP Negeri 22 Surakarta dan mengidentifikasi faktor pendukung serta penghambat dalam proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman pengumpulan data, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu strategi yang dilakukan oleh guru dalam penanaman karakter sopan santun kepada peserta didik dan memastikan kepada peserta didik bahwa para guru sudah melaksanakan penanaman karakter sopan santun sesuai dengan modul ajar. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan guru Pendidikan Pancasila, guru Bimbingan Konseling, dan Waka Kesiswaan, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan guru dalam menanamkan karakter sopan santun meliputi pemberian contoh keteladanan, pembiasaan, pendekatan persuasif, serta pemberian teguran dan sanksi secara edukatif. Faktor pendukung dalam penanaman karakter sopan santun meliputi dukungan sekolah, keterlibatan orang tua, serta lingkungan belajar yang kondusif. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat seperti pengaruh lingkungan luar sekolah, kurangnya perhatian dari keluarga, dan perkembangan teknologi yang dapat berdampak negatif pada karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan teori behavioristik dari B.F. Skinner yang menekankan bahwa perilaku individu dapat dibentuk melalui stimulus dan respon, serta diperkuat dengan adanya reinforcement (penguatan).
Kata Kunci: Strategi, Pendidikan Karakter, Sopan Santun.
Unduhan
Referensi
Parenting dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(7), 536–539. https://doi.org/10.59837/0emfx659
Anas, A., & Septi Budi Sartika. (2021). Profil Kemampuan Afektif Siswa Smp Pada Mata Pelajaran Ipa Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(1), 13. https://doi.org/10.52434/jkpi.v1i1.988
Andriani, Kiki Melita, dkk, & dkk. (2022). Penerapan Teori Belajar Behavioristik B. F. Skinner dalam Pembelajaran : Studi Analisis terhadap Artikel Jurnal Terindeks Sinta Tahun 2014 - 2020. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 5(1), 78–91. https://doi.org/10.54396/saliha.v5i1.263
Andriyanto, N. (2021). Upaya Guru untuk Meningkatkan Sikap Kesopanan Siswa dalam Pembelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 6 Ponorogo. April. http://etheses.iainponorogo.ac.id/14038/
Anjeulina, A. (2022). Peran Guru Bk Dalam Pembinaan Sopan Santun Siswa di Smpn 2 Teunom [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27447/1/Ayu Anjeulina Az, 160213023, FTK, BK.pdf
Fadillah, A. N. (2021). Catcalling Sebagai Perilaku Pelecehan Seksual secara Verbal Ditinjau Dari Perspektif Hukum Pidana. Jurnal Belo, 7(2), 145–155. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/belovol7issue2page145-155
Muzdalifah. (2022). Penanaman Karakter Disiplin dan Sopan Santun melalui Metode Pembiasaan pada Peserta Didik Kelas VIII di MTS Baitis Salmah Ciputat. [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/64871%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/64871/1/muzdalifah.pdf
Nabila, F. A., & Frenky Mubarok. (2024). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Sopan Assunnah Cirebon. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 01(2), 29–41. https://doi.org/https://doi.org/10.55656/wjp.v1i2.303
Purwoko, Budi, et al. (2024). Memahami Operant Conditioning: Teknik Efektif untuk Meningkatkan Perilaku Positif. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.267
Putra, T. S. A. (2022). Pendidikan Kunci Utama Kemajuan Bangsa. Www.Djkn.Kemenkeu.Go.Id. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15010/Pendidikan-Kunci-Utama-Kemajuan-Bangsa.html
Ratnasari, D. H., & Nugraheni, N. (2024). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (Sdgs). Jurnal Citra Pendidikan, 4(2), 1652–1665. https://doi.org/10.38048/jcp.v4i2.3622
Safira, E. dan, & Fitriani, W. (2024). Analisis Penerapan Teori Belajar Operant Conditioning. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 366–374.
Setiani, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Sopan Santun melalui Pembiasaan Berbahasa Jawa Krama di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang. In Skripsi. http://eprints.walisongo.ac.id/10518/1/Risa Adi Setiani___1503096054.pdf
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); Kedua). Afabeta.
Wasriyani, N. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Sopan Santun Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Inayatushshibyan 2 Kota Banjarmasin. Jurnal Tunas Bangsa, 10(2), 92–104. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v10i2.2061
Yulia Sari, L., & Listyaningsih. (2023). Strategi Guru dalam Penanaman Karakter Gotong Royong pada Generasi Z di SMA Negeri 22 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 30335–30345
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 30
,
PDF Downloads: 19


