Strategi Sekolah dalam Menumbuhkan Kemampuan Kepemimpinan Siswa di SMP Negeri 3 Surabaya
Kata Kunci:
strategi, kepemimpinan, siswaAbstrak
Menumbuhkan kemampuan kepemimpinan pada siswa merupakan hal yang penting yang harus ditumbuhkan dalam diri setiap anak sedini mungkin karena siswa merupakan calon pemimpin di masa mendatang. Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan strategi sekolah dalam menumbuhkan kemampuan kepemimpinan siswa di SMP Negeri 3 Surabaya serta mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menumbuhkan kemampuan kepemimpinan. Penelitian ini menggunakan Teori Kepemimpinan Situasional oleh Kenneth W. Blanchard dan Paul Hersey. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan subjek penelitian ini adalah pembina OSIS, Waka Kesiswaan, dan pengurus OSIS. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang dilakukan sekolah dalam menumbuhkan kemampuan kepemimpinan siswa di SMP Negeri 3 Surabaya ialah dengan pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diikuti oleh keseluruhan siswa sebagai program wajib, perekrutan kepengurusan organisasi siswa yang ketat melalui sistem seleksi dua tahap, pelantikan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang melibatkan praktisi eksternal sekolah, dan pelibatan pengurus OSIS dalam ikut bertanggung jawab pada kegiatan sekolah. Faktor pendukung dalam penumbuhan kepemimpinan siswa di SMP Negeri 3 Surabaya yaitu komitmen kepala sekolah, guru yang berpengalaman, kerja sama dengan pihak eksternal sekolah, dan dukungan orang tua. Faktor penghambat dalam penumbuhan kepemimpinan siswa di SMP Negeri 3 Surabaya yaitu kesulitan siswa dalam membagi waktu antara pemebelajaran sekolah dengan kegiatan di luar pembelajaran dan kurangnya minat dan motivasi dalam diri siswa.
Unduhan
Referensi
Agung, Iskandar (2012). Strategi Mengembangkan Organisasi Pembelajar di Sekolah. Jakarta: Beemedia.
Agung, I. (2012). Menghasilkan Guru Kompeten dan Profesional. Jakarta: Bee Media Indonesia.
ADINDA, P. d. (2022, Agustus 21). Disbudporapar Kota surabaya. Retrieved from cagar Budaya. Smpn 3: https://disbudporapar.surabaya.go.id/adinda/portaldata/cagarbudaya/detail/smpn-3
Azmi, W., Hassan, M. K., Houston, R., & Karim, M. S. (2021). ESG activities and banking performance: International evidence from emerging economies. Journal of International Financial Markets, Institutions and Money, 70, 101277
Boaden, Ruth J. (2006). Leadership Development: does it make difference?. Leadership & Organization Development. Journal vol 27 no.1, 5-27. Diakses dari www.emerldinsight.com/0143-7739.html. Pada tanggal 26 November 2023, Jam 10.00 WIB
Kouzes, James M, & Posner, Barry Z. (2004). The Leadership Chalenge,
Ma'sum, T. (2019). Persinggungan kepemimpinan transformational dengan kepemimpinan visioner dan situasional. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 84-106.
Sagala, Syaiful (2010). Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta,2010
Sagala, S. (2011). Membangun Menara Pendidikan Berkarakter Cerdas. -.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Susiyanto, M. W. (2014). Analisis implementasi pendidikan karakter disekolah dalam rangka pembentukan sikap disiplin siswa. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 37081.
Unwanullah, Arif. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Akhlak Mulia pada Sekolah Menengah Pertama Berbasis Asrama di Tuban. Jurnal Teladan, 4(1), 67 – 82.
Undang-Undang Republika Indonesia No.20 tahun 2003 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS)
UU RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika, 2003
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Susiyanto, Mukti. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah dalam rangka Pembentukan Sikap Disiplin Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 62 – 69.
Yin, R. (2014). Studi Kasus : Desain dan Metode. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Zulaihah, I. (2017). Contingency leadership theory/pendekatan situasional. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 76-87.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 0


