PENGEMBANGAN KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN ALAT MUSIK PIANIKAPADA ANAK TK BDI TK GOLDEN SUN, DRIYOREJO, GRESIK

  • KARTINI YUNIA
  • WARIH HANDAYANINGRUM

Abstract

TK Golden Sun, Driyorejo, Gresik, merupakan salah satu sekolah TK bertalenta yang memiliki intrakurikuler kelas pianika dari beberapa sekolahan yang terletak di kelurahan Mulung. Sekolah ini telah berdiri dari tahun 2010 dan membuka kelas pianika pada TK B mulai tahun 2011 hingga sekarang. Selain itu guru kelas pianika merupakan guru yang handal pada bidang musik khususnya alat musik keyboard maupun piano. Beliau merupakan lulusan Pendidikan Sendratasik, UNESA yang sedang mengajar di berbagai sekolah, salah satunya di TK Golden Sun, Driyorejo, Gresik. Maka dari itu hasil yang dicapai oleh siswa/siswi tidak diragukan lagi dalam pengembangan kognitif melalui pembelajaran alat musik pianika pada anak. Tetapi sering kali guru maupun orangtua kurang menyadari akan pentingnya pengembangan kognitif pada anak. Pada dasarnya pengembangan kognitif pada kelas pianika dimana anak dikenalkan dalam membaca notasi angka melalui simbol, mengenal simbol pada jari dalam memainkan pianika. Maka pengembangan kognitif tersebut menjadi daya tarik untuk dilaksanakan penelitian. Berangkat dari hal tersebut peneliti memfokuskan pada (1) Bagaimana metode pembelajaran alat musik pianika pada anak TK B di TK Golden Sun, Driyorejo, Gresik; (2) Bagaimana pengembangan kognitif melalui pembelajaran alat musik pianika pada anak TK B di TK Golden Sun, Driyorejo, Gresik; (3)Kendala apa saja yang terjadi saat proses pembelajaran kelas pianikadi TK Golden Sun, Driyorejo, Gresik.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang bersifat deskriptif dalam menjelaskan Pengembangan Kognitif melalui Pembelajaran alat musik pianika pada anak TK B di TK Golden Sun, Driyorejo,Gresik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi dalam pembelajaran, wawancara kepada guru, dan dokumentasi rapot siswa.

Hasil penelitian yang diperoleh bahwa metode pengembangan yang diajarkan menggunakan metode drill (latihan) dengan ranah kognitif C3. Dimana metode ini dipergunakan agar anak dapat mengembangkan bakatnya, materi yang diajarkan diulang-ulang pada setiap pertemuan hingga anak siap ke materi selanjutnya, kesiapan materi menjadi kesiapan perform, dan membangun kekompakan saat memainkan instrumen pianika. Pengembangan kognitif dengan ranah menghafal C1 dengan melalui beberapa langkah-langkah yakni, (1) membangun daya ingat, dimana pengembangan kognitif pembelajaran untuk kecerdasan musikal-ritmik pada TK Golden Sun dapat ditemui pada kelas pianika dalam membangun daya ingat dengan cara guru seringkali mengulang-ulang materi yang diajarkan setiap pertemuannya, jadi anak-anak kelas pianika mudah dalam menghafal materi yang telah diulang-ulang; (2) menyanyikan notasi lagu anak, dimana peserta didik meniru guru pianika cara membaca notasi yang baik dan benar, agar anak mampu membangun pendengaran nada dengan baik dan lebih teliti menekan notasi; (3) memainkan instrumen secara baik dan benar, dimana dalam memainkan pianika posisi duduk, meniup, dan penjariannya harus dilakukan dengan baik dan benar. Selain itu terdapat berbagai macam kendala saat pembelajaran berlangsung yaitu anak tidak membawa instrumen pianika, penjarian yang kurang baik dari beberapa anak, seringnya anak merasa bosan karena durasi kelas pianika yang terlalu lama. Maka dari itu terdapat solusi agar kendala tersebut tidak sering terulang, yaitu dengan seringnya mengingatkan anak maupun wali murid agar membawakan alat musik pianika kepada anak, mengingatkan peserta didik agar berlatih di rumah, seringnya guru memberikan semangat kepada peserta didik agar tetap semangat saat pembelajaran berlangsung.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Pengembangan Kognitif, Kendala Pembelajaran, Lagu Anak.
Published
2019-07-30
How to Cite
YUNIA, K., & HANDAYANINGRUM, W. (2019). PENGEMBANGAN KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN ALAT MUSIK PIANIKAPADA ANAK TK BDI TK GOLDEN SUN, DRIYOREJO, GRESIK. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 7(1). https://doi.org/10.26740/jps.v7n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 882