Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Menggunakan Metode Imitasi Pada Anak Tunagrahita di SMPLB YPAC Jember
Pembelajaran ekstrakurikuler tari menggunakan metode imitasi pada anak tuna grahita di SMPLB YPAC Jember
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v13n1.p85%20-%2099Keywords:
Pelaksanaan pembelajaran, Hasil belajar, HambatanAbstract
SMPLB YPAC Jember merupakan salah satu sekolah menengah pertama luar biasa di Jember yang menyediakan pembelajaran tari melalui kegiatan ekstrakurikuler bagi anak tuna grahita. Pembelajaran tari memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak tuna grahita, khususnya dalam perkembangan psikomotorik anak. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran ini yakni menggunakan metode imitasi, dan pemilihan materi disesuaikan dengan kondisi siswa. Penelitian ini dilakukan untuk membahas rumusan masalah diantaranya (1) Pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler tari menggunakan metode imitasi pada anak tuna grahita di SMPL YPAC Jember. (2) Hasil dari pembelajaran esktrakurikuler tari menggunakan metode imitasi pada tuna grahita di SMPLB YPAC Jember. (3) Hambatan yang dilalui dalam pembelajaran ekstrakurikuler tari di SMPLB YPAC Jember. Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif. Subyek dalam penelitian yakni anak tuna grahita yang ada di SMPLB YPAC Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan melaui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan melalui 3 tahap yakni reduksi data, penyajian dan penarikan simpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian diatas menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler tari di SMPLB YPAC Jember dilaksanakan melalui 3 tahap yakni kegiatan awal, kegiatan inti, penutup. Hasil belajar yang didapat anak tuna grahita dalam pembelajaran ekstrakurikuler tari menggunakan metode imitasi ditandai dengan meningkatnya kemampuan anak dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hambatan yang dilalui selama pelaksanaan belajar dipengaruhi oleh 2 faktor yakni faktor internal dan ekskternal. Faktor internal berasal dari dalam diri siswa, sedangkan faktor eksternal berasal dari luar diri siswa yang meliputi faktor keluarga, sekolah dan lingkungan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
