PENERAPAN MEDIA AUDIO MP3 DAN NOTASI MUSIK BRAILLE DALAM PEMBELAJARAN BERNYANYI PADA SISWA TUNANETRA DI SLB NEGERI SAMBIROTO KABUPATEN NGAWI
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v13n1.p307%20-%20320Keywords:
Media pembelajaran, Pembelajaran bernyanyi, Audio MP3, Notasi musik braille, Siswa tunanetraAbstract
Pembelajaran bernyanyi pada siswa tunanetra di SLB Negeri 1 Sambiroto Kabupaten Ngawi menerapkan media audio MP3 dan notasi musik braille. Penerapan media tersebut didasarkan pada karakteristik siswa tunanetra, dimana penggunaan indera pendengaran dan perabaan lebih dominan digunakan. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media audio MP3 dan notasi musik braille, mendeskripsikan kendala penggunaan media audio MP3 dan notasi musik braille serta mencaritemukan solusi, dan mendeskripsikan hasil dari penggunaan media audio MP3 dan notasi musik braille.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa tunanetra di SLB Negeri 1 Sambiroto Kabupaten Ngawi. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber primer yang didapatkan langsung dari narasumber utama yaitu Rizka Noor Azila W., S.Pd. selaku guru kelas tunanetra. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media audio MP3 dan notasi music braille efektif digunakan dalam pembelajaran bernyanyi pada siswa tunanetra. Hal ini ditunjukkan dalam hasil penilaian pengetahuan dan keterampilan siswa yang meningkat. Dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi pengembangan media dalam pembelajaran bernyanyi bagi siswa tunanetra.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
