PECUT SEBAGAI PEMANDU PEMBELAJARAN RAGAM GERAK DASAR JARANAN SENTHREWE BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

PECUT SEBAGAI PEMANDU PEMBELAJARAN RAGAM GERAK DASAR JARANAN SENTHREWE BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

Penulis

  • Niarahma Diana Prodi Pendidikan Sendratasik Unesa

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v13n1.p115%20-%20131

Kata Kunci:

Pembelajaran Anak Tunarungu, Jaranan Sentherewe.

Abstrak

SLB Negeri Campurdarat Tulungagung merupakan salah satu sekolah luar biasa yang memiliki siswa tunarungu berkompeten dalam hal menari karena anak tunarungu di SLB Negeri Campurdarat Tulungagung memiliki keistimewaan dapat melakukan pergantian gerakan tanpa diberikan sebuah aba-aba apabila terdapat sebuah properti tari. Salah satu materi yang menggunakan sebuah properti tari serta dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran ialah Jaranan Sentherewe. Tujuan Penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan alasa pemilihan materi Jaranan Sentherewe serta mendeskripsikan mengenai bentuk peran pecut sebagai pemandu bagi anak tunarungu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran behavioristik yaitu terdapat stimulus dan respon. Penelitian ini menggunakan metode kulaitatif dengan obyek penelitian gerak dasar Jaranan Sentherewe pada anak tunarungu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan Teknik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa 1) pemilihan materi ragam gerak dasar Jaranan Sentherewe berdasar karena adanya properti tari yaitu pecut yang memiliki kebermanfaatan bagi anak tunarungu dalam pembelajaran non akademik khususnya menari. 2) peran pecut dalam pembelajaran ragam gerak dasar Jaranan Sentherewe diterapkan pada masing-masing ragam yang digunakan dalam pembelajaran tari serta dijadikan sebagai pemandu anak tunarungu dalam melakukan sebuah pergantian gerakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-07-24

Cara Mengutip

Diana, N. (2023). PECUT SEBAGAI PEMANDU PEMBELAJARAN RAGAM GERAK DASAR JARANAN SENTHREWE BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI CAMPURDARAT TULUNGAGUNG: PECUT SEBAGAI PEMANDU PEMBELAJARAN RAGAM GERAK DASAR JARANAN SENTHREWE BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 13(1), 115–131. https://doi.org/10.26740/jps.v13n1.p115 - 131

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 96

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.