Organization Pendidikan Musik
PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER MUSIKALISASI PUISI SEBAGAI IMPLEMENTASI KONSEPMERDEKA BELAJAR DI SMAN 3 KOTA MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v13n1.p244-258Kata Kunci:
Implementasi Merdeka Belajar, Ekstrakurikuler, Musikalisasi PuisiAbstrak
Penelitian ini menjelaskan implementasi konsep Merdeka Belajar melalui ekstrakurikuler musikalisasi puisi di SMAN 3 Kota Mojokerto dan meneliti minat siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut berdasarkan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhinya. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen berupa angket wawancara untuk guru pembimbing dan siswa yang terlibat dalam ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi konsep Merdeka Belajar telah berjalan baik dan minat siswa tinggi terhadap kegiatan ekstrakurikuler musikalisasi puisi ini. Pengajaran juga mendukung perwujudan Profil Pelajar Pancasila yang positif bagi perkembangan siswa. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya ekstrakurikuler berbasis Merdeka Belajar dalam mengembangkan potensi siswa di sekolah.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
