Organization Pendidikan Musik

PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER MUSIKALISASI PUISI SEBAGAI IMPLEMENTASI KONSEPMERDEKA BELAJAR DI SMAN 3 KOTA MOJOKERTO

Penulis

  • Bagas Toto Wijaya Sendratasik Unesa

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v13n1.p244-258

Kata Kunci:

Implementasi Merdeka Belajar, Ekstrakurikuler, Musikalisasi Puisi

Abstrak

Penelitian ini menjelaskan implementasi konsep Merdeka Belajar melalui ekstrakurikuler musikalisasi puisi di SMAN 3 Kota Mojokerto dan meneliti minat siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut berdasarkan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhinya. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen berupa angket wawancara untuk guru pembimbing dan siswa yang terlibat dalam ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi konsep Merdeka Belajar telah berjalan baik dan minat siswa tinggi terhadap kegiatan ekstrakurikuler musikalisasi puisi ini. Pengajaran juga mendukung perwujudan Profil Pelajar Pancasila yang positif bagi perkembangan siswa. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya ekstrakurikuler berbasis Merdeka Belajar dalam mengembangkan potensi siswa di sekolah.

  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-09-12

Cara Mengutip

Wijaya, B. T. (2023). Organization Pendidikan Musik: PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER MUSIKALISASI PUISI SEBAGAI IMPLEMENTASI KONSEPMERDEKA BELAJAR DI SMAN 3 KOTA MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 13(1), 244–258. https://doi.org/10.26740/jps.v13n1.p244-258

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 41

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.