Penerapan Media Audio dan Visual Dalam Pembelajaran Makeup Fantasi Bagi Siswa Tata Kecantikan SMK

Authors

  • Naruzi Kartinasari
  • SRI DWIYANTI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v9n2.34684

Abstract

Penerapan media audio dan visual dalam pembelajaran makeup fantasi bagi siswa tata kecantikan SMK berdasarkan studi literatur media dan argumentasi penulis media ini efektif digunakan. Media dapat diartikan sebagai suatu bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi, sedangkan media audio dan visual merupakan saluran yang digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi melalui audio (suara) dan visual (gambar). Makeup fantasi salah satu mata pelajaran yang terdapat pada kurikulum jurusan tata kecantikan. Banyak metode yang disajikan dalam kurikulum Kementrian Pendidikan tetapi berbagai media tersebut belum tentu cocok dengan mata pelajaran yang ada, sehingga pengajar harus kreatif dan inovatif dalam menentukan media yang sesuai. Heterogenitas yang ada dalam kelas menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk para pengajar dalam menyampaikan materi sehingga penerapan pembelajaran sangat membantu untuk tercapainya tujuan-tujuan dari mata pelajaran tersebut. Media audio dan visual ini sangat cocok diterapkan di mata pelajaran makeup fantasi karena dapat membangun afektif, kognatif dan keterampilan siswa sehingga membangun interest saat pembelajaran. Jika dibandingkan dengan media cetak, media ini lebih menarik dengan berbagai referensi yang dapat dilihat dan didengar. Penerapan ini erat dengan karakter millenial zaman sekarang dengan berbagai sumber dan akses yang yang luas seperti youtube, pinterest, media sosial dan lain sebagainya. Media audio dan visual ini mudah digunakan akan tetapi memerlukan biaya tambahan untuk perlengkapan penunjang audio dan visual. Dewasa ini, faktor tekonologi bukan menjadi masalah untuk menunjang pembelajaran di SMK. Hal ini dapat dilihat dari smartphone yang dimiliki pengajar maupun siswa dapat digunakan untuk menunjang media ini. Bentuk penerapan media audio dan visual ini yaitu langsung memberikan literatur didepan kelas dengan menggunakan layar proyektor dan penugasan secara mandiri maupun kelompok. Dengan media ini dapat menunjang kretifitasan siswa dalam menciptakan karya makeup fantasi dengan berbagai model yang sesuai. Tujuan artikel adalah untuk mengetahui 1) media pembelajaran audio dan visual dalam pembelajaran makeup fantasi, 2) kelebihan dan kelemahan media pembelajaran audio dan visual. Berdasarkan hasil studi literatur dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran media audio dan visual pada makeup fantasi di SMK dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan motivasi, kreatif siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-23

How to Cite

Kartinasari, N., & DWIYANTI, S. (2020). Penerapan Media Audio dan Visual Dalam Pembelajaran Makeup Fantasi Bagi Siswa Tata Kecantikan SMK. Jurnal Tata Rias, 9(2). https://doi.org/10.26740/jtr.v9n2.34684

Issue

Section

Articles
Abstract views: 161 , PDF Downloads: 269

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>