PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PEWARNAAN RAMBUT ARTISTIK

Authors

  • Juwita Putri Prawendari S1 Pendidikan Tata Rias Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartiningsih Suhartiningsih S1 Pendidikan Tata Rias Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v2n3.p%25p

Abstract

Pembelajaran berdasarkan masalah melatih dapat siswa untuk memecahkan masalah ketika melakukan praktek khususnya untuk pelajaran pewarnaan rambut artistik yang membutuhkan penyelidikan awal untuk menentukan warna dasar rambut dengan demikian diharapkan hasil belajar siswa dapat memenuhi SKM. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keterlaksanaan sintak model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM), 2) mengetahui hasil belajar kognitif dan psikomotorik pada kompetensi pewarnaan rambut artistik, 3) mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM). Jenis penelitian ini adalah quasi experiment desain penelitiannya pretest-postest design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 6 Surabaya Tata Kecantikan Rambut kelas XI KR 3 dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t statistik. Data hasil penelitian menunjukkan 1) keterlaksanaan sintak model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) pada aspek pendahuluan, inti, dan akhir terlaksana dengan kriteria sangat baik, 2) hasil belajar siswa pre test kognitif dengan nilai rata-rata 61,2, sedangkan post test kognitif nilai rata-rata siswa 82,4 hasil belajar siswa pre test psikomotorik nilai rata-rata siswa 63,2 dan post test psikomotorik 84,8. Hasil uji t berpasangan bahwa nilai probilitas signifikan 0,000 ? 0,05 (taraf nyata) maka terdapat pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa 3) respon siswa dengan penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) lebih dari 79% dapat diterima siswa dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) terhadap hasil belajar siswa tata kecantikan rambut kelas XI di SMK Negeri 6 Surabaya.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Pewarnaan Rambut Artistik

Abstract

Learning by problem can train students to solve problems when doing practice especially for subjects that require artistic hair coloring initial investigation to determine the color of the hair base is expected to meet the student learning outcomes SKM. This study aimed to 1) determine feasibility based learning model syntax problems (PBM), 2) determine the cognitive and psychomotor learning outcomes on hair coloring artistic competence, 3) determine students' response to the problem based learning model (PBM). This research is a quasi experiment design pretest-posttest design study. The subjects were students of SMK Negeri 6 Surabaya Tata class XI KR Hair Beauty 3 by the number of 24 students. Data collection techniques using observation, testing, and student questionnaire responses. Analysis using t-test statistics. The data results showed 1) learning model based on enforceability syntax problems (PBM) in the preliminary aspects, core, and ending with the criteria very well done, 2) learning outcomes of students with cognitive pre-test mean score of 61.2, while the post-test cognitive average value of 82.4 students' pre-test learning outcomes of students psychomotor average value of 63.2 students and post test psychomotor 84.8. Paired t test results probilitas significant value 0.000 ? 0.05 (significance level) then there is a problem based learning model effect on learning outcomes of students 3) students' response to the application of problem based learning model (PBM) is more than 79 % of students can be accepted by both criteria. Based on the results of this study concluded that there are significant learning model based on problems (PBM) to the student learning outcomes hairstyling class XI in SMK Negeri 6 Surabaya.

Keywords: Problem Based Learning Model, Artistic Hair Coloring.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Juwita Putri Prawendari, S1 Pendidikan Tata Rias Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Tata Rias Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Suhartiningsih Suhartiningsih, S1 Pendidikan Tata Rias Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Tata Rias Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2013-10-01

How to Cite

Prawendari, J. P., & Suhartiningsih, S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PEWARNAAN RAMBUT ARTISTIK. Jurnal Tata Rias, 2(3). https://doi.org/10.26740/jtr.v2n3.p%p
Abstract views: 56 , PDF Downloads: 61

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>