REVIEW BEAUTY INFLUENCER DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN TERHADAP PEMILIHAN PRODUK KOSMETIK KECANTIKAN DI SURABAYA

Main Article Content

dea denada Octabella
sri Dwiyanti
Sri Usodoningtyas
Dindy Sinta Megasari

Abstract

abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh review dari beauty influenser bagaimana para wanita
khususnya di kota Surabaya dalam memilih atau membeli produk kecantikan. Subjek dalam penelitian ini
adalah para wanita dari berbagai kalangan umur yang berusia 20-40 tahun. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif pendekatan fenomologi untuk menggali pengalaman individu mengenai proses
pengambilan keputusan pembelian produk kosmetik, serta faktor yang mempengaruhi pengambilan
keputusan pembelian. Subjek utama dalam penelitian ini para wanita berjumlah 10 orang yang dipilih
secara acak dari berbagai macam latar belakang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi penelitian ini juga menggunakan metode penelitian
berdasarkan studi literatur yang merujuk pada buku-buku, karya ilmiah, dan internet. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil
penelitian dari subjek ini menjabarkan proses pengambilan keputusan serta faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi keputusan pemilihan suatu produk kosmetik yaitu adanya faktor budaya, sosial, pribadi,
psikologis dan kreadibilitas seorang beauty influenser untuk dapat meyakinkan atau mempengaruhi para
kosumen dalam mengambil keputusan pembelian suatu produk kecantikan.
Kata Kunci: Beauty influencer, produk kosmetik, keputusan pembelian

Article Details

Section
Articles