PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PERAWATAN KULIT WAJAH DEHIDRASI SECARA MANUAL DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Main Article Content

Ineke Kartika Sari
Maspiyah Maspiyah
Dindy Sinta Megasari
Sri Dwiyanti

Abstract

Tujuan dari penggunaan model pembelajaran problem based learning/PBL adalah untuk mengajarkan
bagaimana cara peserta didik berfikir kritis dalam memecahkan suatu permasalahan dengan memberikan mereka
tantangan untuk memecahkannya. Dengan menginplementasikan model pembelajaran PBL pada mata pelajaran
perawatan kulit wajah dehidrasi secara manual, hasil belajar dan keaktifan peserta didik perlu ditingkatkan sebagai
upaya dari penelitian ini. Dengan melakukan kegiatan selama dua siklus pembelajaran dengan total dua kali
pertemuan, penelitian ini juga dapat disebut sebagai penelitian tindakan kelas/PTK. Penelitian Tindakan ini
dilakukan pada bulan September 2022, sebanyak 34 peserta didik SMK Negeri 8 Surabaya kelas XI Kecantikan
Kulit dan rambut 1 dijadikan sebagai subjek penelitian. Nilai hasil post test diaplikasikan untuk mengetahui hasil
belajar peserta didik, sedangkan lembar observasi keaktifan peserta didik diaplikasikan untuk mengetahui hasil
belajar afektif.
Temuan studi menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan PBL dapat meningkatkan hasil belajar dan
keaktifan belajar peserta didik. Hasil belajar memiliki nilai rata-rata 72,94 pada siklus I dan 94,14 pada siklus II,
meningkat sebesar 21,2%. Keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran juga meningkat; pada siklus I 38%
peserta didik tergolong kategori rendah, dan pada siklus II 62% peserta didik tergolong kategori rendah. Temuan
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan paradigma pembelajaran PBL di kelas dapat meningkatkan hasil
belajar dan keaktifan peserta didik.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Keaktifan, Perawatan Kulit Wajah Dehidrasi

Article Details

Section
Articles