PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK PENGUASAAN MATERI RIAS WAJAH CIKATRI DI SMKN 1 LAMONGAN

Main Article Content

Malra Vebianti
Dindy Sinta Megasari
Maspiyah Maspiyah
Sri Usodoningtyas

Abstract

Penyalur pesan dari pengirim kepada penerima pada kegiatan pembelajaran merupakan arti dari
media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran berupa media video. Tujuan
dari penelitian ini ialah untuk mengetahui : 1) kelayakan media video pembelajaran pada kompetensi
dasar tata rias wajah cikatri, 2) ketuntaan belajar peserta didik dalam penggunaan media video
pembelajaran pada kompetensi dasar tata rias wajah cikatri, 3) respon siswa dalam kegiatan
pembelajaran pada penggunaan media video pembelajaran dalam kompetensi dasar tata rias wajah
cikatri. Desain penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini ialah one shoot case study . Hasil
yang didapatkan berupa data hasil validasi kelayakan media pembelajaran video, ketuntasan belajar
peserta didik, dan respon siswa. Sejumlah 30 peserta didik Tata Kecantikan Kulit dan Rambut di SMK
Negeri 1 Lamongan menjadi subyek dalam penelitian ini. Metode validasi media video, metode tes
hasil belajar, dan metode angket respon merupakan metode pengumpulan data yang akan digunakan
dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa presentase kelayakan untuk
kelayakan media video pembelajaran, dan rata-rata untuk ketuntasan hasil belajar siswa dan respon
siswa. Analisis data yang dilakukan membuahkan hasil data kelayakan media video pembelajaran,
mendapatkan kategori sangat tinggi yakni dengan presentase kelayakan 94%. Data hasil belajar tata
rias wajah cikatri menggunakan media video pada ketiga ranah afektif, kognitif dan psikomotor
memperoleh kriteria yang baik ya kni pada ranah afektif dengan rata-rata 90,4, kognitif dengan rata–
rata 88,3, dan pada ranah psikomotor dengan rata-rata 89,2. Sedangkan nilai rata-rata total dari ranah
kognitif, psikomotor dan afektif yaitu 89,3. Respon siswa pada penggunaan media video adalah baik
yakni mendapatkan rata–rata sejumlah 4,4. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media
pembelajaran berupa media video sebagai bantuan bagi peserta didik guna mendapatkan nilai yang
memuaskan diatas KKM.


Kata Kunci : Media Pembelajaran Video, Hasil Belajar

Article Details

Section
Articles