PROFIL LAPISAN PEMAHAMAN PROPERTY NOTICING SISWA PADA MATERI LOGARITMA DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN

  • INDAH WAHYU UTAMI

Abstract

Pemahaman matematis merupakan aspek yang penting dalam pembelajaran matematika. Teori Pirie dan Kieren mengklasifikasikan delapan lapisan pemahaman matematis, satu diantaranya property noticing. Pemahaman matematis ditengarai dipengaruhi oleh perbedaan jenis kelamin.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan lapisan pemahaman property noticing siswa laki-laki dan perempuan SMA kelas X pada materi logaritma. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan yang memiliki kemampuan matematika setara dengan kategori kemampuan sedang. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lapisan pemahaman property noticing siswa laki-laki dan perempuan dengan kemampuan setara hampir sama. Siswa laki-laki dapat membuktikan dua dari ketiga sifat dasar logaritma menggunakan definisi. Siswa laki-laki tidak dapat membuktikan sifat alog an= n. Sedangkan siswa perempuan dapat membuktikan ketiga sifat dasar menggunakan definisi. Kemudian, keduanya mengalami ineffective folding back saat mengombinasikan definisi dengan sifat terkait untuk membuktikan suatu sifat. Siswa laki-laki juga menggunakan simbol yang salah saat menghubungkan bentuk logaritma dengan bentuk eksponen

Kata Kunci: Pemahaman Matematis, Teori Pirie-Kieren, Lapisan Property Noticing, Logaritma, Perbedaan Jenis Kelamin

 

Published
2016-08-11
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 129