Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa

  • AFINA ZITARI
  • MASRIYAH

Abstract

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengakibatkan persaingan yang semakin ketat tentang perlunya penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Kualitas SDM dapat ditandai dengan manusia yang mampu menciptakan ide atau gagasan baru yang dapat menghasilkan karya baru atau belum pernah ada dan bermanfaat dengan baik, dengan kata lain yaitu kreatif. Sifat kreatif dapat tumbuh dan berkembang jika dilatih serta dibiasakan sejak awal pada proses pendidikan. Model pembelajaran yang diketahui dapat menumbuh kembangkan sifat kreatif adalah model pembelajaran Collaborative Learning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuatitatif dan desain “one group pretest post-test study”. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran, respons siswa, dan peningkatan tingkat kreativitas siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru matematika dan siswa kelas VIII-F SMPN 27 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Hasil analisis data menunjukkan: (1) pengelolaan pembelajaran oleh guru termasuk dalam kategori baik pada pertemuan pertama dan kategori sangat baik pada pertemuan kedua; (2) respons siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Collaborative Learning termasuk dalam kategori respons positif dengan persentase kategori baik sebesar 37,50% dan persentase kategori sangat baik sebesar 62,50%; (3) Sebanyak 29 dari 36 siswa dengan persentase sebesar 80,56% mengalami peningkatan tingkat kreativitas.

Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Collaborative Learning, Kreativitas, Respons Siswa.

Abstract

The development of science and technology alongside it have resulted in increasingly fierce competition about the need to provide quality Human Resources (HR). The quality of human resources can be characterized by their ability to create new ideas or concepts that can produce new works or new discoveries which are useful, in other words, being creative. Creative traits can grow and develop if trained and accustomed from the beginning in the education process. The learning model that is known to be able to develop creative traits is the Collaborative Learning model. This research is a descriptive study with a quantitative and research design used was one group pretest post-test study. The research approach that aims to describe the management of learning, student responses, and the increasing level of student creativity. The subjects in this study were mathematics teachers and class VIII-F students of SMP 27 Surabaya in the academic year 2018/2019. The results of data analysis showed: (1) management of learning by teachers was included in the category of good at the first meeting and very good category at the second meeting; (2) students responses to mathematics learning using Collaborative Learning models are included in the positive response category with a percentage of good categories of 37.50% and the percentage of very good categories of 62.50%; (3) 29 out of 36 students with a percentage of 80.56% experienced an increase in the level of creativity

Keywords: Mathematics Learning, Collaborative Learning Model, Creativity, Student Response






Published
2019-05-09
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 117