Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Jenis Kelamin

  • MOHAMMAD AISYUL MUBAROK
  • IKA KURNIASARI

Abstract

Abstrak

Berpikir kreatif merupakan salah satu berpikir tingkat tinggi yang seharusnya dimiliki oleh siswa. Salah satu cara mengembangkan berpikir kreatif yaitu siswa diberikan suatu pemecahan masalah matematika. Berpikir kreatif dalam pemecahan masalah dipengaruhi adanya faktor-faktor. Salah satu faktornya yaitu gaya kognitif. Setiap individu mempunyai gaya kognitif yang berbeda-beda salah satunya yaitu gaya kognitif field independent. Selain faktor gaya kognitif ada faktor lain yang juga mempengaruhi yaitu jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field independent dan jenis kelamin. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-I SMP Negeri 1 Sampang. Subjek yang diambil dalam penelitian ini yaitu dua siswa terdiri dari satu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki dimana kedua siswa tersebut bergaya kognitif field independent. Data hasil penelitian ini dianalisis berdasarkan kriteria dari berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa perempuan dengan gaya kognitif field independent dalam pemecahan masalah matematika memenuhi kefasihan dan kebaruan dari komponen berpikir kreatif, sedangkan untuk fleksibilitas belum tercapai. Untuk siswa laki-laki dengan gaya kognitif field independent dalam pemecahan masalah matematika sudah memenuhi semua komponen dari berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan.

Kata Kunci:berpikir kreatif,pemecahan masalah,gaya kognitif,jenis kelamin

Abstract

Creative thinking is considered as one of the higher order thinking level that every students should have. One way in developing students’ creative thunking is by providing a mathematical problem solving. Creative thinking in problem solving is influenced by several factors; one of which is called as cognitive style. Each individual has different cognitive style and one of the style is field independent cognitive style. Beside cognitive style factor, gender also become one of important factor. This research is a descriptive with a qualitative approach that aims to describe students creative thinking in solving mathematical problems in terms of cognitive field independent style and gender. This research was conducted in class VIII-I of SMP Negeri 1 Sampang. The subjects taken in this study were two students consisting of one female student and one male student where the two students had a cognitive field independent style. Data from this study were analyzed based on the criteria of creative thinking that is fluency, flexibility, and novelty. The result of this research shows that female student who had field independent cog style in solving mathemaical problem is able to fulfill the fluency and novelty of the creative thinking component, while for male student who had field independent cog style in solving mathematical problem had fulfilled all components of creative thinking, they are; fluency, flexibility, and novelty.

Keywords: creative thinking,problem solving,cognitive style,gender.





Published
2019-05-12
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 343