Profil Pemodelan Matematika Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Fungsi Linear

  • IRMA KURNIAWATI
  • ABDUL HARIS ROSYIDI

Abstract

Abstrak

Pemodelan matematika merupakan suatu proses menggambarkan masalah nyata dalam bentuk model matematika untuk menemukan solusi masalah dengan melalui tahap (1) identifikasi masalah, (2) manipulasi masalah, (3) pembentukan model matematika. Salah satu materi yang menggunakan pemodelan matematika adalah fungsi linear, dimana biasanya pada materi ini lebih dikaitkan dengan masalah sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemodelan matematika siswa SMP dalam menyelesaikan masalah pada materi fungsi linear. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode tes dan wawancara yang menggunakan variasi maksimum untuk pemilihan subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemodelan matematika dapat dilakukan dengan cara yang berbeda untuk menghasilkan sebuah model yang sama. Proses pemodelan pertama dilakukan dengan cara melogika angka-angka dan operasi hitung yang sesuai dengan masalah pada soal. Proses pemodelan kedua dilakukan dengan cara mendata dan mengurutkan data pada soal, sehingga didapatkan suatu pola yang digunakan untuk membuat suatu model. Proses pemodelan ketiga dilakukan dengan menggunakan rumus fungsi linear yang sudah ada, dan disesuaikan dengan masalah soal.

Kata Kunci: Penyelesaian Masalah, Model Matematika, Pemodelan Matematika.

Abstract

Mathematical modeling is a process of describing real problems in the form of mathematical models to find solutions to problems by going through stages (1) problem identification, (2) problem manipulation, (3) formation of mathematical models. One subject matter that uses mathematical modeling is a linear function, which usually is more related to students daily problems. This research aims to describe the profile of mathematical modeling of junior high school students in solving mathematical problems in the subject matter of linear functions. This research is a qualitative descriptive study with test and interview methods that use maximum variation for subject selection. The results show that the process of mathematical modeling can be done in different ways to produce a similar model. The first modeling process is done by logic a number and a count operation that matches the problem in the question. The second modeling process is done by registering the data on the problem, so that a pattern is used to make a model. The third modeling process is carried out by using existing linear function formulas, and be adapted to problem.

Keywords: Problem Solving, Mathematical Model, Mathematical Modeling.








Published
2019-06-10
Abstract Views: 221
PDF Downloads: 684