Profil Berpikir Relasional Siswa SMP dalam Mengambil Keputusan

  • PUTRI PRAMESTI
  • ABDUL HARIS ROSYIDI

Abstract

Abstrak

Berpikir relasional merupakan aktivitas mental yang ditandai dengan membangun keterkaitan antara unsur-unsur informasi yang diberikan dengan pengetahuan yang dimiliki tentang sifat atau struktur matematika, keterkaitan antar-konsep dalam matematika, maupun keterkaitan konsep dalam matematika dengan bidang ilmu lainnya. Salah satu tujuan seseorang berpikir relasional yaitu untuk mengambil keputusan. Menurut teori perkembangan kognitif Piaget, siswa SMP telah memiliki kemampuan pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil berpikir relasional siswa SMP dalam mengambil keputusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data tes dan wawancara, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Materi yang digunakan untuk tes adalah materi relasi. Di penelitian ini diperoleh dua subjek penelitian dengan konsep yang digunakan berbeda untuk mengambil keputusan. Berpikir relasional siswa dalam mengambil keputusan dimulai ketika siswa membangun keterkaitan tentang masalah secara keseluruhan dalam memahami masalah, ada kemungkinan siswa menuliskan informasi yang diketahui dengan lengkap maupun tidak. Lalu mengidentifikasi tujuan pengambilan keputusan dan hal-hal yang berhubungan dengan soal seperti pengetahuan sebelumnya maupun situasi baik di matematika maupun bidang lainnya yang analog dengan permasalahan, mengerjakan soal dengan menggunakan konsep relasi dan himpunan atau relasi dan aljabar, mengevaluasi alternatif jawaban dengan membandingkan kelebihan dan kekurangan dari setiap alternatif jawaban, mengambil keputusan berdasarkan hasil perhitungan, dan mengevaluasi hasil keputusan. Selain perbedaan konsep, salah satu subjek melakukan kesalahan dalam menghitung. Subjek tersebut juga berbeda dalam mengevaluasi hasil keputusan yaitu dengan hanya membaca tanpa menghitung ulang sedangkan subjek yang lain membaca ulang yang diketahui, menghitung kembali, serta mengecek langkah-langkah yang telah dilakukan.

Kata kunci: berpikir relasional, pengambilan keputusan

Abstract

Relational thinking is mental activity characterized by building relation between information in the problem with the knowledge about structure of mathematics, relation between concepts in mathematics, or relation between concepts in mathematics with other fields of science. One of the purposes of someone doing relational thinking is to make decision. According to Piaget’s cognitive development theory, junior high school students have the ability to make decisions. This research is aimed to describe the profile of relational thinking of junior high school students in making decision. This research is qualitative descriptive research. Data analysis in this research consisted of data reduction, data display, and conclusion drawing. In this research, two subjects were obtained with different concepts use to make decisions. The relational thinking of students in making decisions begin when they build relation about the problem as a whole in understanding the problem, there is possibility that students write information that is known completely or not. Then students identify the objectives of decision making and matters related to the problem such as knowledges that they have or situation in mathematics and other fields of science that is analogues to the problem, solve the problem with relation and set concept or relation and algebra, evaluate the alternative answers by comparing the strengths and weaknesses of each alternative answers, making decision based on the results of calculations, and evaluate the results of decisions. Besides different in the concept, one of the subjects made a mistake in counting. The subject is also different in evaluating the results of a decision, by reading without recalculating while the other subjects reread the question, count again, and check the steps that have been taken.

Keywords: relational thinking, decision making






Published
2019-06-12
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 127