Strategi Metakognitif Peserta Didik dalam Mengajukan Masalah Matematika Tipe Post Solution Posing

  • NOVIEA ADINDA SURYA PUTRI
  • TATAG YULI EKO SISWONO

Abstract

Abstrak

Strategi metakognitif diperlukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa salah satunya dengan pengajuan masalah tipe post solution posing. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi metakognitif peserta didik dalam pengajuan masalah matematika tipe post solution posing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan tugas pengajuan masalah dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 peserta didik dengan kategori satu peserta didik yang dapat menyelesaikan masalah awal dengan benar sekaligus mengajukan masalah dan menyelesaikannya dengan benar, satu subjek mewakili peserta didik yang dapat menyelesaikan masalah awal sekaligus mengajukan masalah dengan benar dan tidak dapat menyelesaikannya, dan satu subjek mewakili pesserta didik yang dapat menyelesaikan masalah awal dengan benar dan tidak dapat membuat masalah. Penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas VII di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi metakognitif dari setiap kategori dalam mengajukan masalah memiliki hasil yang berbeda. Kategori pertama melakukan strategi metakognitif meliputi merencana, memantau dan mengevaluasi berdasarkan setiap tahapan pengajuan masalah. Pada peserta didik kategori kedua melakukan strategi metakognitif meliputi merencana memantau dan mengevaluasi dalam tahapan pengajuan masalah matematika yaitu memahami informasi, menyusun rencana pengajuan masalah, merumuskan masalah, hanya merencana dan memantau dalam menyelesaikan masalah yang dibuat serta mengevaluasi dalam memeriksa kembali masalah yang dibuat. Subjek tidak melakukan strategi metakognitif evaluasi pada tahapan menyelesaikan masalah yang dibuat dengan tidak memeriksa kembali kebenaran prosedur pelaksanaan rencana strategi dalam menyelesaikan masalah, dan kategori ketiga melakukan strategi metakognitif merencana dan memantau pada tahap memahami informasi, menyusun rencana dan menyelesaikan masalah; merencana, memantau dan mengevaluasi pada tahap merumuskan masalah dan hanya mengevaluasi strategi metakognitif dalam memeriksa kembali subjek mengalami kesulitan dalam tugas pengajuan masalah ini.

Kata Kunci: Metakognitif, Pengajuan Masalah, post-solution posing.


Abstract

Metacognitive strategies are needed to develop students thinking skills which are wrong by problem posing with posing solutions. The purpose of this research describes the metacognitive strategies of students in posing mathematical problems in the type of post-solution posing. This research is descriptive research that used assignments for posing mathematical problems and interviews. The subjects in this research were three students with one category of students who could solve the initial problem correctly while at the same time proposing problem and completed it correctly, one participant representing the students who could solve the initial problem correctly and could not be solved, and one subject representing the students who can solve the initial problem correctly and cannot make a problem. The study was conducted on VII grade students in Surabaya. The results showed that the metacognitive strategies of each category in proposing problems had different results. The first category contains a strategy for revising, discussing and discussing each stage of the problem submission. In the second category, students do metacognitive strategies to discuss planning and discuss the submission of mathematical problems, develop plans for posing problems, formulate problems, only plan and improve in fixing problems that are made and improve in each problem made. The subject did not carry out a metacognitive evaluation strategy on solving the problem made by not re-discussing the strategy planning procedure to solve the problem and the category of planning and improving metacognitive strategies when opening information, making plans and solving problems; planning, discussing and correcting the problem of formulating problems and only discussing metacognitive strategies in discussing the subject of difficulties in the task of posing this problem.

Keywords: Metacognitive, Problem Posing, post-solution posing




Published
2019-06-17
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 65