Fleksibilitas Siswa dalam Mengajukan Masalah Matematika

  • AMIROTUL MACHMUDAH
  • TATAG YULI EKO SISWONO

Abstract

Abstrak

Pengajuan masalah memberikan keluasan kepada siswa untuk mengajukan masalah sendiri dan menyelesaikan masalah yang telah diajukan. Dalam pengajuan masalah terdapat situasi-situasi yang berbeda-beda yaitu situasi bebas, situasi semi terstruktur dan situasi terstruktur. Perubahan pemberian situasi tersebut memerlukan kemampuan yang disebut fleksibilitas, yaitu kemampuan beradaptasi terhadap situasi yang berubah. Fleksibilitas siswa dalam mengajukan masalah didasarkan pada seberapa banyak soal yang diajukan dan seberapa banyak strategi pengajuan masalah yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui fleksibilitas siswa dalam mengajukan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk eksploratif fleksibilitas siswa dalam mengajukan masalah matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-E SMP Negeri 5 Surabaya tahun ajaran 2018/2019 dengan subjek sebanyak 33 siswa dan memilih 3 subjek dengan masing-masing 1 subjek pada setiap situasi pengajuan masalah. Subjek penelitian yang terpilih menjadi subjek wawancara ialah subjek yang dapat mengajukan soal terbanyak dibandingkan subjek lainnya. Wawancara bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh siswa ketika mengajukan masalah matematika. Hasil analisis Tugas Mengajukan Masalah Matematika dan wawancara menunjukkan bahwa siswa yang memiliki fleksibilitas ketika mengajukan masalah matematika situasi bebas terdapat 5 dari 33 siswa (15,15%), siswa yang memiliki fleksibilitas ketika mengajukan masalah matematika situasi semi terstruktur terdapat 18 dari 33 siswa (54,55%) dan siswa yang memiliki fleksibilitas ketika mengajukan masalah matematika situasi terstruktur terdapat 14 dari 33 siswa (42,42%)

Kata Kunci: Fleksibilitas, Pengajuan Masalah

Abstract

Problem posing give a chance to student for posing their own problem and solved what have they posed. On problem posing there is different situations that given to students, there is free problem posing situation, semi structured problem posing situation and structured problem posing situation. The changes of situation need ability to adaptation. The ability to adaptation to changing situation easily is called flexibility. Flexibility on problem posing is based on how many problems that’s student pose and how many strategies that student use. Purpose for this research is to exploring student flexibility on mathematic problem posing. This is a descriptive research which using quantitative and qualitative approach. Purpose for this research is to explore student flexibility on mathematic problem posing. The research was conducted in class VIII-B of Junior High School 5 Surabaya academic year 2018/2019 with 33 students as subject and choose 3 subjects as interview subject. Interview subject is chosen by the number of types of posed problems. Interview is used to get information which strategy that student use. The analysis result of Mathematic Problem Posing Task and Interview showed the students having flexibility when posed problem on free situation is 5 of 33 students (15,15%), the students having flexibility when posed problem on semi structured situation is 18 of 33 students (54,45%) and the students having flexibility when posed problem on structure situation is 14 of 33 students (42,42%)

Keywords: Flexibility, Problem Posing








Published
2019-06-28
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 104