Analsis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Linear Dua Variabel

  • candra kristanto handoko
  • RADEN SULAIMAN

Abstract

Abstrak

Materi soal cerita sangat penting diberikan kepada siswa karena soal cerita merupakan soal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dicari penyelesaianya menggunakan kalimat matematika. Namun dalam prosesnya banyak siswa yang menemui kesulitan dan mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal tersebut. Berdasarkan hal tersebut peneleiti mengadakan penelitian yang berjudul ‘analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan linear dua variabel’ dari penelitian tersebut bertujuan untuk mendiskripsikan jenis dan faktor kesalahan yang dilakukan siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskripisi kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Gedangan pada bulan maret 2019 dengan subjek siswa kelas VIII. Subjek penelitian adalah 3 siswa. Metode yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ada tida tahap yaitu : mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu, kesalahan konsep, kesalahn prinsip dan kesalahan operasi. Faktor penyebab terjadinya kesalahan yaitu tidak mampu menejemahkan soal, kurang teliti dan lemah dalam pengoperasian bilangan.

Kata Kunci : Soal cerita, analisis kesalahan, jenis kesalahan

Abstract

The matter of story question is very important given to students, because story questions are questions related to daily life to be solved by using mathematical sentences. But in the process many students face difficulties and experience errors for solving the question. Based on this, researchers conducted a study entitled "Analysis of student errors on completing story problems on two-variable linear equation systems" from the reserch to describe the types and factors of errors made by students. This research is a qualitative description research. This research was conducted at Gedangan 1 Junior High School in March 2019 for class VIII students. The research subjects were 3 students. The method used is the method of tests and interviews. While the data analysis techniques in the research there are no stages, namely: data reduction, data presentation and make conclusions. The results of this study indicate the types of errors made by students are conceptual errors, misconceptions and operating errors. The factors that cause the error can understand the story question, not being careful and weak in the operation of numbers.

Keywords: Story question, error analysis, type of error




Published
2019-07-04
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 56