Efektivitas Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Pembelajaran Matematika

  • EKA NUR FITRIANA
  • MEGA TEGUH BUDIARTO

Abstract

Abstrak

Metode Mind Mapping adalah suatu pembelajaran mencatat kreatif dan efektif dengan menggunakan gambar, warna dan imajinasi (wilayah otak kanan) bersamaan dengan kata-kata, angka dan logika (wilayah otak kiri) untuk memahami konsep dan memperdalam pemahaman mengenai materi yang kompleks. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan (1) Pengelolaan pembelajaran oleh guru dalam pembelajaran matematika dengan metode Mind Mapping, (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran matematika dengan metode Mind Mapping berlangsung, (3) ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode Mind Mapping, (4) Respons siswa setelah pembelajaran matematika dengan metode Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode observasi, tes, dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Plemahan dan guru matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran oleh guru memperoleh nilai modus 4 (sangat baik); Aktivitas siswa memperoleh rata-rata sebesar 80,00% (Aktif). Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa 87,88% siswa tuntas (lebih dari 75% tuntas secara klasikal); dan respons siswa yang termasuk ke dalam kategori kuat mencapai 57,14% dan kategori sangat kuat mencapai 42,86%(Positif). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping pada pembelajaran matematika dikatakan efektif.

Kata Kunci: Pembelajaran, metode Mind Mapping

Abstract

The Mind Mapping method is a creative and effective note learning using images, colors and imagination (right brain region) along with words, numbers and logic (left brain region) to understand concepts and deepen understanding of complex matter. This study aimed to describe (1) Teacher’slearning management in mathematics learning with the Mind Mapping method, (2) Student activity during mathematics learning with the Mind Mapping method takes place, (3) student learning completeness in mathematics learning with Mind Mapping method, (4 ) The student’s response after learning mathematics with the Mind Mapping method.This research is a descriptive study with observation, tests, and questionnaires. The subjects of this study were students of class VIII-F of SMP Negeri 1 Plemahan and mathematics teacher. The results of the study show that the management of learning by the teacher obtain a mode 4 (very good); student’s Activities obtain an average of 80.00% (Active). Student learning outcomes show that 87.88% of students have completed (more than 75% classically completed); and student responses included in the high category reached 57.14% and the very high category reached 42.86% (Positive). it can be concluded that the method of mind mapping in mathematics learning is stated to be effective.

Keywords: learning, Mind Mapping method.





Published
2019-07-04
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 92