Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Kategori Formulate pada Siswa Kelas VIII

Authors

  • YOU ILMA OKTAVIANA
  • ABDUL HARIS ROSYIDI

DOI:

https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n2.p400-407

Abstract

Abstrak

Formulate merupakan kegiatan menerjemahkan secara bertahap masalah yang disajikan dalam konteks nyata ke dalam bentuk matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal PISA kategori formulate pada empat konten yaitu perubahan dan hubungan, ruang dan bentuk, bilangan, serta ketidakpastian dan data. Subjek pada penelitian ini sebanyak 80 siswa kelas VIII yang terdiri 25 siswa SMPN 1 Plandaan Jombang, 30 siswa SMPN 36 Surabaya, dan 25 siswa SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Pemilihan ketiga sekolah tersebut didasarkan pada akreditasi dari ketiga sekolah adalah A. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa empat buah soal PISA kategori formulate dengan konten berbeda setiap soalnya. Hasil pekerjaan siswa dianilisis menggunakan pedoman penskoran Szetela dan Nicol (1992). Dari hasil dan analisis, diperoleh bahwa siswa yang dapat menyelesaikan soal dengan tepat pada konten perubahan dan hubungan, ruang dan bentuk, bilangan, serta ketidakpastian dan data berturut-turut adalah 33,75% (27 siswa), 17,5% (25 siswa), 31,25% (25 siswa), dan 18,75% (11 siswa). Pada konten perubahan dan hubungan sebanyak 48,75% siswa salah dalam memahami masalah yaitu siswa mengidentifikasi hanya sebagian informasi dan 17,5% siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah pada bagian pertanyaan. Pada konten ruang dan bentuk sebanyak 78,75% siswa salah dalam memahami masalah yaitu siswa tidak menggunakan informasi sesuai dengan petunjuk yang ada pada soal. Sedangkan 3,75% siswa melakukan kesalahan dalam melakukan pengukuran panjang dan tidak memberikan jawaban pada lembar jawaban. Pada konten bilangan, sebanyak 67,5% siswa melakukan kesalahan dalam memahami masalah yaitu siswa menggunakan sebagian informasi saja untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan 1,25% persen siswa tidak memberikan jawaban pada lembar jawaban. Pada konten ketidakpastian dan data sebanyak 77,75% siswa salah dalam memahami masalah yaitu siswa salah dalam mengolah data pada tabel. Sedangkan sebanyak 4% siswa melakukan kesalahan dalam membuat kesimpulan terkait perusahaan yang memiliki persentase kerusakan paling rendah secara keseluruhan.

Kata kunci: formulate, konten PISA, tahap pemecahan masalah

Abstract

Formulate is the gradually activities translating the real-world problem into a mathematical problem. This study used a quantitative descriptive research to describe the students ability in resolving formulate categories of PISA problems on four contents, there are 1) change and relationship, 2) space and shape, 3) quantity, and 4) uncertainty and data.The subjects are 80 junior high school of Grade 8, there are 25 students of SMPN 1 Plandaan Jombang, 30 students of SMPN 36 Surabaya, and 25 students of SMP Kemala Bhayangkari Surabaya. The school selection based on accreditation is A. The instruments of this research are four formulate categories of PISA problems with different content for each problem. The results of students are analyzed by scoring guidelines from Szetela and Nicol (1992). From the result and analisys, obtained that the students can solve the questions correctly in content change and relationship, scape and shape, quantity, and uncertainty and data are 33,75% (27 students), 17,5% (25 students), 31,25% (25 students), dan 18,75% (11 students). In content change and relationship there are 48,75% students not understanding the problem, the students are not used informations completely in solve the question and 17,5% students not understanding the question. In content scape and shape there are 78,75% students are not used appropriate informations and 3,75% students are not answer this question. In content quantity there are 67,5% students not understanding the problem, the students are not used informations completely and 1,25% students are not answer this question. In content uncertainty and data there are 77,75% students not understanding the problem, the students are wrong in reading and processing the informations in table. And 4% students not make conclusion correctly abiut the companies that has the loweroverall percentage of faulty players.

Keywords: Formulate, contents of PISA, problem solving stage








Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-04
Abstract views: 105 , PDF Downloads: 179