Analisis Perjuangan Produktif Peserta Didik dalam Memecahkan Grafik Fungsi Kuadrat dengan Memanfaatkan Geogebra
Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikanperjuangan produktif peserta didik dalam memecahkan masalah grafik fungsi kuadrat dengan memanfaatkan geogebra.Subjek pada penelitian ini sebanyak empat kelompok (K-1, K-2, K-3, dan K-4) dengan masing-masing kelompok berisi 4-5 peserta didik kelas IX-H SMP Negeri 1 Gresik yang diambil berdasarkan perjuangan produktif terbanyak pada masing-masing masalah. Teknik analisis data dilakukan dengan observasi rekaman aktivitas peserta didik,menganalisis hasil tes grafik fungsi kuadrat, transkrip geogebra, serta hasil wawancara berdasarkan indikator perjuangan produktif peserta didik. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa 4 kali perjuangan produktif dilakukan K-1 terkait pembuatan fungsi kuadrat dengan syarat terbuka ke bawah dan memotong sumbu-Y,6 kali perjuangan produktif dilakukan K-2 dan 2 kali perjuangan produktif dilakukan K-3 terkait pengkostruksian aturan untuk nilai a, b, dan c pada , serta 2 kali perjuangan produktif dilakukan K-4terkait pengujian aturan untuk nilai a, b, dan c pada . Dari 14 perjuangan produktif, 10 diantaranya diawali dengan kesalahan dan keraguan yang dialami peserta didik sehingga menyebabkan peserta didik menyusun rencana baru dalam membuat grafik fungsi kuadrat (K-1 dan K-3), merekonstruksi aturan (K-2), dan mengoreksi kesalahan (K-2 dan K-4). Sedangkan 4 perjuangan produktif lainnya diawali dari kesadaran peserta didik selama memecahkan masalah, meliputi menciptakan interpretasi bahwa setiap grafik fungsi kuadrat memotong sumbu-Y di titik tertentu (K-1 dan K-2)dan menciptakan aturan baru untuk nilai a, b, dan c pada fungsi kuadrat (K-2). Geogebra turut membantu peserta didik dalam memverifikasi keraguan dan kesalahan yang dibuat peserta didik.
Kata kunci: perjuangan produktif, pemecahan masalah, grafik fungsi kuadrat
Abstract
This research is descriptive qualitative research that aims to describe students’ productive struggles in solving problems of graphs of quadratic function by utilizing geogebra. The participants of this research are four groups (K-1, K-2, K-3, and K-4) which containing 4-5 students’ of SMPN 1 Gresik in 9-H grade, taken based onthe most productive struggles in each problem. Data analysis techniques are carried out by observing video recording of students’ activities, analyze the result of the quadratic function graph test, geogebraic transcript, and the result of students’ interviews based on the indicators of students’ productive struggles. The result of data analysis indicate that 4 productives struggles made by K-1in solving problem which related to make graphs of quadratic function provided that it opens down and cut the Y-axis, 6 productive struggles made by K-2 and 2 productive struggles made by K-3 in solving problem which related to construct the rules of the graphs for values of a, b, and c, 2 productive struggles made by K-4 in solving problem which related to test the correctness of the rules. From 14 productive struggles, 10 productive struggles are begin with students’ errors and doubts in solving problem which causes students to develop new plan to making graph of quadratic functions (K-1 and K-3), reconstructing rules (K-2) and correcting an error (K-2 and K-4). While, 4 productive struggles are begin with students’ awareness in solving problem, includes creating interpretation that every quadratic function is have an intersect with Y-axis (K-1 and K-2) andcreatinng new rules for values of a, b, and in quadratic function. Geogebra help students to verify their doubts and errors.
Keywords:productive struggle, problem solving, graph of quadratic function.
PDF Downloads: 94