Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika dan Jenis Kelamin

  • Rejeki Nur Sholikhah
  • MASRIYAH

Abstract

Abstrak

Proses berpikir kreatif adalah rangkaian aktivitas mental untuk menghasilkan ide baru untuk penyelesaian suatu permasalahan, yang terdiri dari mensintesis ide, membangun ide, merencanakan penerapan ide dan menerapkan ide. Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi proses berpikir kreatif siswa, diantaranya adalah tingkat kemampuan matematika yang dimiliki siswa dan jenis kelamin. Dalam penelitian ini dideskripsikan proses berpikir kreatif siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah pada materi segitiga dan segiempat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-1 SMPN 1 Prambon. Hasil dari penelitian ini adalah proses berpikir kreatif siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematika tinggi melalui tahap mensintesis ide, membangun ide, merencanakan penerapan ide dan menerapkan ide. Siswa laki-laki berkemampuan matematika tinggi dalam mensintesis ide dengan menalar apa yang diketahui dan ditanyakan. Dalam membangun ide, dia memunculkan beberapa ide untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Dengan menalar dia akhirnya mampu memilih satu ide yang menurutnya benar. Dalam merencanakan penerapan ide, dia mempertimbangkan kemudahan, dia memunculkan dua cara penyelesaian. Dalam menerapkan ide, dia menuliskan langkah-langkah penyelesaian yang direncanakan, kemudian dia memeriksa kembali dan dia sangat yakin bahwa penyelesaian yang dituliskan benar. Siswa perempuan berkemampuan matematika tinggi dalam mensintesis ide dengan menalar apa yang diketahui dan ditanyakan. Dalam membangun ide, dia bisa langsung memunculkan tiga cara penyelesaian berbeda dari masalah yang diberikan yang menurutnya benar. Dalam merencanakan penerapan ide, dia mempertimbangkan kemudahan, dia memunculkan tiga cara yang berbeda. Dalam menerapkan ide, dia menuliskan langkah-langkah penyelesaian yang direncanakan, kemudian dia memeriksa kembali dan dia sangat yakin bahwa penyelesaian yang dituliskan benar.

Kata kunci: proses berpikir kreatif, pemecahan masalah, kemampuan matematika dan jenis kelamin

Abstract

The process of creative thinking are series of mental activities to find new ideas that fit the problem, there are synthesizing ideas, building ideas, planning the application of ideas and applying ideas. There are factors that can influence students’ creative thinking processes in solving mathematical problems including the level of mathematical abilities students and gender. This research describes the creative thinking process of male and female students with high mathematical abilities in solving mathematical problems in triangular and quadrilateral material. This research was implemented at eight grade of junior high school students in Prambon. The results of this study are the creative thinking process of male and female students with high mathematical abilities through the stages of synthesizing ideas, building ideas, planning the application of ideas and applying ideas. Male students with high mathematical abilities in synthesizing ideas by reasoning are known and asked. In building ideas, he appeared some solution and than he chosen one. In planning the application of ideas, he considered convenience and brought up two. In applying the idea, he applied the planned idea, then he reviewed the answer and he was very sure that the answer given was correct. Female students with high mathematical abilities are able to synthesize ideas by reasoning with what is known and asked. In building ideas, she appeared three different solutions. In planning the application of ideas, she considered convenience and gave rise to three different ways. In applying the idea, she applied the planned idea, then she reviewed the answer and she was very sure that the answer given was correct.

Keywords: process of creative thingking, problem solving, mathematical abilty and gender






Published
2019-07-05
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 46