ANALISIS LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PROPORSI

  • Bintari Tri Ambarwati Universitas Negeri Surabaya
  • Rooselyna Ekawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa kelas IX SMP di Sidoarjo dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada topik proporsi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode tes tulis terkait soal HOTS proporsi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan indikator literasi matematika sesuai pada Kerangka Kerja PISA 2021 pada tahap merumuskan (formulate), menerapkan (employ), serta menafsirkan dan mengevaluasi (interpret and evaluate). Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Dari 12 siswa dengan kemampuan matematis tinggi, tiga siswa dengan literasi matematika yang berbeda dipilih sebagai subjek pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal HOTS proporsi, pada tahap merumuskan (formulate), siswa kurang mampu merepresentasikan situasi matematis menggunakan model matematika yang sesuai dengan topik proporsi. Pada tahap menerapkan (employ), siswa mampu menggunakan konsep dan prosedur matematis untuk menyelesaikan soal HOTS proporsi. Sedangkan, pada tahap menafsirkan dan mengevaluasi (interpret and evaluate), siswa kurang mampu menafsirkan hasil matematis kembali ke konteks dunia nyata. Sehingga, diperlukan pembelajaran yang bukan hanya melatih siswa untuk menerapkan konsep dan prosedur matematis untuk menyelesaikan soal, namun juga dapat melatih siswa untuk merepresentasikan situasi matematis dalam konteks dunia nyata menjadi model matematika dan menafsirkan solusi matematis yang telah diperoleh kembali ke konteks dunia nyata.

Kata Kunci : Literasi matematika, Soal HOTS, Proporsi

Published
2022-05-10
Abstract Views: 393
PDF Downloads: 637