POLA INTERAKSI SOSIAL DALAM PENGGUNA GADGET ANAK SEKOLAH DASAR

  • RANI ARDIAWATI
  • ARIEF SUDRAJAT

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi sosial dalam pengguna gadget anak Sekolah Dasar, penggunaan gadget saat proses belajar mengajar dan istirahat di dalam kelas, dampak positif dan negatif pengguna gadget anak Sekolah Dasar, dan alasan orang tua memberikan gadget yang canggih kepada anak usia dini. Peneliti menggunakan pendekatan Interaksionisme Simbolik yang bertujuan untuk mengamati proses interaksi sosial yang membentuk konsep diri dan relasi sosial. Penelitian ini menggunakan teori George Herbert Mead. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini bahwa ada 3 (tiga) model pola interaksi sosial pengguna gadget anak Sekolah Dasar yang dipengaruhi konsep interaksi simbolik. Pertama, pola interaksi sosial secara langsung dipengaruhi oleh Pikiran (Mind). Kedua, pola interaksi sosial ruang dan waktu dipengaruhi oleh Diri (Self). Ketiga, pola interaksi sosial secara digital atau tertutup dipengaruhi oleh Masyarakat (Society).

Kata Kunci : Pola Interaksi Sosial, Gadget, Anak Sekolah Dasar

Abstract

This study aims to determine the patterns of social interaction in the user gadget elementary school children, the use of gadgets during the learning process and a break in the classroom, positive and negative effects of gadget users Primary School children, and the reasons parents give gadget advanced to early childhood. Researchers use Symbolic Interactionism approach that aims to observe the process of social interaction that shapes the concept of self and social relations. This research uses the theory of George Herbert Mead. Data was collected by observation, interview, and documentation. Research subjects use purposive technique. Data were analyzed using models Miles and Huberman. The results of this study that there are three (3) models of social interaction gadget users elementary school children who are affected the concept of symbolic interaction. First, the pattern of social interaction is directly influenced by the Mind. Second, the pattern of social interaction of space and time is influenced by the Self. Third, the pattern of social interaction digitally or closed is influenced by the Society.

Keywords: Social Interaction Patterns, Gadget, Students


Published
2018-08-02
How to Cite
ARDIAWATI, R., & SUDRAJAT, A. (2018). POLA INTERAKSI SOSIAL DALAM PENGGUNA GADGET ANAK SEKOLAH DASAR. Paradigma, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/25098
Section
Articles
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 89