Authors

  • THOMAS WIRATTAMA PUJA ADHIDEWA
  • ARIEF SUDRAJAT

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana ideologi yang di bangun dalam talkshow forex di televisi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap pelaku-pelaku serta ideologi yang dikembangkan dalam talkshow investasi online dalam mengait klien. Metode penelitian iniaadalah kualitatif denggan analisis wacana kritis fariclough. Analisis wacana kritis digunakan dalam mengali makna-makna tersembunyi dalam sebuah teks wacana. Dalam acara talkshow tersebut disampaikan berbagai kalimat dengan maksud maksud yang berbeda dan diucapkan oleh pelaku berbeda. Analisis wacana kritis juga membahas siapa yang mengucapkan kalimat mempengaruhi makna kalimat. Hasil dari penelitian ini menemukan pembentukan ideologi dalam talkshow forex. Ideologi yang dibentuk adalah kesuksesan bukan saja berasal dari kerja keras. Manusia dikatakan sukses apabila ia telah menikmati hidupnya namun mendapat penghasilan. Sementara itu forex menjadi salahsatu jalan untuk mendapatkan kesuksesan tanpa kerja keras. Mereka juga membangun pemikiran bahawa lembaga mereka adalah lembaga yang terbaik untuk berinvestasi.





Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-27

How to Cite

WIRATTAMA PUJA ADHIDEWA, T., & SUDRAJAT, A. (2019). Paradigma, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/28490

Issue

Section

Articles
Abstract views: 102 , PDF Downloads: 94

Most read articles by the same author(s)

> >>