KONSTRUKSI SOSIAL ANIME JEPANG DI CLUB MOTOR

  • HANIFAL ILHAM SEPTIAN
  • ARIEF SUDRAJAT

Abstract

Fokus penelitian ini meneliti tentang internalisasi mengenai anime pada anggota ICOSU di Surabaya, tujuan studi ini adalah untuk melihat bentuk dan mengetahui hasil dari internalisasi dari anggota ICOSU mengenai anime. Teori serta analisis yang digunakan adalah Peter L Berger mengenai Konstruksi Sosial dan dipusatkan pada Internalisasinya. Terdapat 2 hal yaitu Obyektif terdiri dari pelembagaan dari institusi pendidikan dari teman sekolah dan masyarakat, kedua sebagai bentuk lembaga sekaligus pengingat, legitimasi berupa historis semasa kecil dari pelembagaan, dan Subyektif berupa Sosialisasi Primer yang mana keluarga berperan utama didalam pembentukkan tentang anime dan Sosialisasi Sekunder di komunitas yang mempunyai serta memperkuat bentuk pemaknaan pada anime di setiap anggotanya. Internalisasinya berupa karakter dari salah satu anime yang disuka disebut waifu, mengoleksi merchandise dari karakter yang disuka, dan itasha sebagai karakter yang disematkan di kendaraan merupakan representasi kesukaan terhadap salah satu karakter tersebut



Published
2019-11-20
How to Cite
ILHAM SEPTIAN, H., & SUDRAJAT, A. (2019). KONSTRUKSI SOSIAL ANIME JEPANG DI CLUB MOTOR. Paradigma, 7(4). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/30937
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 73