Sosial Ekonomi Orangtua, Teman Sebaya Mempengaruhi Sekolah Lanjutan

  • MUTIARA ALDIKA NURFATIMAH
  • ARI WAHYUDI

Abstract

Memilih SMA/SMK untuk sekolah lanjutan bagi siswa-siswi SMP merupakan pilihan yang dapat dipengaruhi beberapa faktor. Salah satu faktor yaitu pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua dan pengaruh Teman Sebaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Teman Sebaya Berpengaruh Pada Pilihan Sekolah Lanjutan. Jumlah sampel 80 responden siswa-siswi SMP Kartika IV-11 Surabaya. Menggunakan metode pengambilan sampel proposional stratified rendom sampling. Teknik analisis menggunakan SPSS 17.0 versi Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan Status Sosial Ekonomi orangtua berpengaruh sangat lemah sebesar 14,5% dan Teman sebaya tidak memiliki pengaruh sebesar 0% pada pilihan sekolah lanjutan. Diperoleh t hitung untuk status sosial ekonomi orangtua secara parsial adalah tidak signifikan. Sebesar 1,275 lebih kecil dari t tabel ( df = 80; α / 2 ) = 1,99 dengan sig. = 0,206 (lebih besar dari α=0,05). Diperoleh t hitung untuk teman sebaya secara parsial adalah tidak signifikan. Sebesar -0,006 lebih kecil dari t tabel ( df = 80; α / 2 ) = 1,99 dengan sig. = 0,996 (lebih besar dari α=0,05). Kemudian tindakan rasional yang diambil adalah rasionalitas substantive. Menyangkut pilihan sarana dalam mencapai tujuan pada situasi nilai. Dengan adanya sarana yang telah diberikan baik dari orangtua maupun teman sebaya. Siswa tidak lagi perlu khawatir dalam memilih sekolah lanjutan dengan memanfaatkan sarana dalam mencapai tujuan pada situasi nilai tersebut.Kata kunci: Kuantitatif, Status sosial ekonomi, Intensitas Keakraban, Pendidikan
Published
2019-12-05
How to Cite
ALDIKA NURFATIMAH, M., & WAHYUDI, A. (2019). Sosial Ekonomi Orangtua, Teman Sebaya Mempengaruhi Sekolah Lanjutan. Paradigma, 7(4). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/31099
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 72