Konstruksi Orang Tua Murid Tentang Penurunan Kualitas Pendidikan Akibat Fenomena Zonasi PPDB di SMAN 1 Plemahan

Authors

  • Mochamad Ridho Fadhilan Universitas Negeri Surabaya
  • Arief Sudrajat

Abstract

The policy of implementing a zoning system in the New Student Admission (PPDB) stage is one of the government's efforts to equalize the education process in Indonesia. This is done in order to equalize all aspects of education so that there is no educational imbalance. However, it is often found that the implementation of this policy results in a decline in the quality of education in the school. This relates to changes in behavior and the lack of firmness in teaching staff in taking action against them. The aim of this research is to identify how students' parents construct the decline in the quality of education due to the PPDB zoning phenomenon at SMAN 1 Pringan. This research uses a qualitative approach using social construction theory from Karl Peter L. Berger as a reference. Data collection uses observation and interviews. What is done by researchers. The results of this research show that some parents feel that the quality of education has decreased or vice versa, namely that they have experienced an increase in achievement due to the implementation of the PPDB zoning system.

 

Kebijakan penerapan sistem zonasi dalam tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah salah satu upaya pemerintah dalam melakukan pemerataan proses pendidikan di Indonesia. Hal tersebut dilakukan demi menyetarakan segala aspek pendidikan agar tidak terjadi ketidakseimbangan pendidikan. Namun, seringkali ditemukan bahwa pelaksanaan kebijakan ini mengakibatkan adanya penurunan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Hal ini berkaitan tentang perubahan perilaku maupun kurang tegasnya tenaga pengajar dalam menindaknya. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi terkait bagaimana konstruksi orang tua murid tentang penurunan kualitas pendidikan akibat adanya fenomena zonasi PPDB di SMAN 1 Plemahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan acuan teori kontruksi sosial dari Karl Peter L. Berger. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Yang dilakukan oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian orang tua murid merasakan adanya penurunan kualitas pendidikan maupun sebaliknya yaitu mengalami kenaikan prestasi dari adanya penerapan sistem PPDB zonasi.

Keywords: Konstruksi; Kualitas Pendidikan; Zonasi PPDB

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Fadhilan, M. R., & Sudrajat, A. (2024). Konstruksi Orang Tua Murid Tentang Penurunan Kualitas Pendidikan Akibat Fenomena Zonasi PPDB di SMAN 1 Plemahan. Paradigma, 13(3), 51–60. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/62911
Abstract views: 48 , PDF Downloads: 53

Most read articles by the same author(s)

> >>