KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA BERBASIS MODEL GUIDED DISCOVERY PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP

  • ARDIA DEWI LARASATI
  • SITI NURUL HIDAYATI

Abstract

Penelitian ini bertujuuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran IPA dengan meggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning, mendeskripsikan peningkatan berfikir kritis siswa, aktivitas, dan respon siswa. Jeneis penelitian ini adalah pre-eksperimental, dengan adanya kelas replikasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Surabaya kelas VII D dan VII I semester kedua tahun akademik 2017/2018. Hasil peelitian ini adalah keterlaksanaan pembelajaran di kelas VII D dan VII I sangat baik, hasil ketuntasan siswa pada materi interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya di kelass VII D meningat sebesar 95% dan di kelas VII I meningkat sebesar 100%. Peningkatan keterampilan berfikir kritis berturut-turut mulai dari memberikan penjelasan sederhana, mengatur strategi dan taktik, meyimpulkan, memberikan penjelasan lanjutan, dan mengatur strategi dan taktik yaitu pada kelas VII D adalah sebagai berikut: 48%, 63%, 71%,75%, dan 77%, sedangkan di kelas VII I berturut-turut peningkatan keterampilan berfikir kritis yaitu sebesar 50%, 55%, 70%, 76%, dan 76%. Pada uji N-gain ternormalisasi nilai gain yang didapat di kelas VII D dan VII I sebesar 0,87 dan 0,94, dan termasuk dalam kategori tinggi. Respon siswa kelas VII D terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran guided discovery learning sangat baik dengan persentase 98%, sedangkan respon siswa di kelas VII I 99% dengan kategori sangat baik.

Kata kunci : Berfikir kritis, guided discovery learning, pembelajaran

Published
2018-05-28
How to Cite
DEWI LARASATI, A., & NURUL HIDAYATI, S. (2018). KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA BERBASIS MODEL GUIDED DISCOVERY PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23345
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 88