KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA BERBASIS MODEL GUIDED DISCOVERY PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP
DOI:
https://doi.org/10.26740/pensa.v6i02.23345Abstract
Penelitian ini bertujuuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran IPA dengan meggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning, mendeskripsikan peningkatan berfikir kritis siswa, aktivitas, dan respon siswa. Jeneis penelitian ini adalah pre-eksperimental, dengan adanya kelas replikasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Surabaya kelas VII D dan VII I semester kedua tahun akademik 2017/2018. Hasil peelitian ini adalah keterlaksanaan pembelajaran di kelas VII D dan VII I sangat baik, hasil ketuntasan siswa pada materi interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya di kelass VII D meningat sebesar 95% dan di kelas VII I meningkat sebesar 100%. Peningkatan keterampilan berfikir kritis berturut-turut mulai dari memberikan penjelasan sederhana, mengatur strategi dan taktik, meyimpulkan, memberikan penjelasan lanjutan, dan mengatur strategi dan taktik yaitu pada kelas VII D adalah sebagai berikut: 48%, 63%, 71%,75%, dan 77%, sedangkan di kelas VII I berturut-turut peningkatan keterampilan berfikir kritis yaitu sebesar 50%, 55%, 70%, 76%, dan 76%. Pada uji N-gain ternormalisasi nilai gain yang didapat di kelas VII D dan VII I sebesar 0,87 dan 0,94, dan termasuk dalam kategori tinggi. Respon siswa kelas VII D terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran guided discovery learning sangat baik dengan persentase 98%, sedangkan respon siswa di kelas VII I 99% dengan kategori sangat baik.Kata kunci : Berfikir kritis, guided discovery learning, pembelajaran
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2018-05-28
How to Cite
DEWI LARASATI, A., & NURUL HIDAYATI, S. (2018). KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA BERBASIS MODEL GUIDED DISCOVERY PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 6(02). https://doi.org/10.26740/pensa.v6i02.23345
Issue
Section
Articles
Abstract views: 176
,
PDF Downloads: 148














