KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP NEGERI 1 CERME GRESIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains setelah diterapkan model pembelajaran problem based instruction pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one group pre-test post-test design dengan sampel kelas replikasi. Subjek penelitian yang akan digunkan adalah siswa SMP Negeri 1 Cerme Gresik kelas VII-A dan VII-B. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes (pretest dan posttest) keterampilan proses sains. Peningkatan keterampilan proses sains diukur menggunakan uji N-gain Score. Hasil tes keterampilan proses sains kelas VII-A diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,70 yang berkategorikan sedang. Pada kelas VII-B diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,69 yang berkategorikan sedang. Peningkatan keterampilan proses sains tiap aspek pada kedua kelas tersebut termasuk dikategorikan tinggi dengan indeks gain 0,71 dan 0,70 yang menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa meningkat setelah menerapkan model pembelajran problem based instruction.
Kata Kunci: Problem Based Instruction, Keterampilan Proses Sains, Pencemaran Lingkungan
PDF Downloads: 83