KEEFEKTIFAN LKS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

  • SRI WAHYUNI
  • SITI NURUL HIDAYATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan LKS berbasis proyek berdasarkan aspek keefektifan yang ditinjau dari hasil tes pemahaman konsep siswa pada materi sistem organisasi kehidupan. Desain penelitian yang digunakan ialah One Group Pre-Test Post-Test Design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII-A yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode tes dengan menggunakan CRI (Certainty Of Response Index). Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pilihan ganda disertai kolom CRI (0-5) sesuai dengan tingkat keyakinan siswa menjawab. Soal pilihan ganda sebanyak 10 butir soal pre-test dan 10 butir post-test sebelumnya telah divalidasi. Jawaban siswa akan dikelompokkan menjadi tidak tahu konsep, tahu konsep, dan miskonsepsi berdasarkan kriteria keyakinan jawaban berdasarkan CRI. Hasil kelayakan keefektifan LKS berbasis proyek didapatkan peningkatan pemahaman konsep siswa dari 38,62% menjadi 66,74%, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis proyek yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Kata Kunci: LKS berbasis proyek, pemahaman konsep




Published
2018-07-20
How to Cite
WAHYUNI, S., & NURUL HIDAYATI, S. (2018). KEEFEKTIFAN LKS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/24426
Abstract View: 46
PDF Download: 61