Kevalidan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Problem Based Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah

  • PUTRI BUNGA SARI SURYA ATMAJA
  • SITI NURUL HIDAYATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dari aspek kevalidan untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah pada materi pemanasan global. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D yang memiliki tahap define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hingga tahap develop (pengembangan) pada tahap validasi ahli. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah dan lembar kevalidan. Lembar telaah digunakan untuk memperoleh saran dan masukan LKPD dari dosen pembimbing. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui penilaian LKPD berdasarkan syarat didaktik, konstruksi, teknik, serta kesesuaian dengan tahapan problem based learning dan keterampilan pemecahan masalah oleh validator. Analisis data digunakan untuk mengetahui hasil validasi dari tiga validator. Berdasarkan hasil validasi kedua LKPD menunjukkan kevalidan syarat didaktik sebesar 85,4%, syarat konstruksi 78,15%, dan syarat teknis 85,85%. Kesimpulan dari peneletian ini adalah bahwa pengembangan LKPD berorientasi problem based learning untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah dinyatakan layak ditinjau dari aspek kevalidannya.

Kata Kunci: problem based learning, keterampilan pemecahan masalah, lembar kegiatan peserta didik, pemanasan global.





Published
2018-07-25
How to Cite
BUNGA SARI SURYA ATMAJA, P., & NURUL HIDAYATI, S. (2018). Kevalidan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Problem Based Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/24681
Abstract View: 36
PDF Download: 41