PENERAPAN MODUL PENGAYAAN BERSTRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • EVADIYAH FATMAWATI
  • SITI NURUL HIDAYATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bangil pada pembelajaran IPA dengan menerapkan modul pengayaan berstrategi PQ4R pada materi pemanasan global. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen. Subjek penelitiannya adalah siswa yang tuntas KKM di kelas VII J dan VII K SMP Negeri 1 Bangil pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada kedua kelas telah terlaksana dengan kriteria sangat baik dan mendapatkan skor rata-rata sebesar 96,46%. Hasil belajar siswa setelah diterapkan modul pengayaan berstrategi PQ4R pada materi pemanasan global mengalami peningkatan, yang mana jika dirata-rata adalah 85,94 dan mendapatkan skor N-gain sebesar 0,34 yang termasuk dalam kriteria sedang. Angket respon siswa yang telah disebar pada kedua kelas menunjukkan respon positif dan mendapat hasil sebesar 93,04% yang masuk dalam kriteria sangat baik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menerapkan modul pengayaan berstrategi PQ4R pada materi pemanasan global dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Penerapan, Modul Pengayaan, Berstrategi PQ4R, Hasil Belajar, Pemanasan Global.

Published
2018-06-04
How to Cite
FATMAWATI, E., & NURUL HIDAYATI, S. (2018). PENERAPAN MODUL PENGAYAAN BERSTRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23452
Abstract View: 27
PDF Download: 35