Keefektifan lembar kegiatan siswa berbasis etnosains untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi zat aditif makanan

  • ACHMAD AINUL ROZIQIN
  • SITI NURUL HIDAYATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan kelayakan LKS berdasarkan aspek keefektifan dari hasil tes keterampilan proses sains. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas VIII-E SMP Praja Mukti. Hasil kelayakan LKS berdasarkan aspek keefektifan yaitu yaitu mengamati sebesar 0.79 dengan kriteria tinggi, mengajukan pertanyaan sebesar 0.74 dengan kriteria tinggi, membuat hipotesis sebesar 0.61 dengan kriteria sedang, menginterpretasi data sebesar 0.58 dengan kriteria sedang dan menarik kesimpulan sebesar 0.84 dengan kriteria tinggi. Simpulan dari penelitian ini, LKS berbasis etnosains untuk melatihkan keterampilan proses sains layak digunakan dalam proses pembelajaran dari aspek keefektifan.
Published
2019-03-19
How to Cite
AINUL ROZIQIN, A., & NURUL HIDAYATI, S. (2019). Keefektifan lembar kegiatan siswa berbasis etnosains untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi zat aditif makanan. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/27113
Section
Articles
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 137