PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MEDIA PERMAINAN ENGKLE PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

  • LAELATUL FADHILAH
  • SITI NURUL HIDAYATI

Abstract

Abstrak

Penelitian iniabertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran Kooperatif STAD dengan media permainan engkle pada materi pemanasan global. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre Eksperimental Design atau eksperimen semu dengan rancangan penelitian menggunakan one group pre-test and post-test design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Gresik pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu di kelas VII-A dan VII-B. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes pre-test dan post-test. Hasil yang diperoleh pada pre-test dan post-test menunujukkan bahwaaketuntasan siswa pada saat post-test di kelas VII-A mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai gain sebesar 0,60 yang tergolong kategori sedang dan mencapai ketuntasan klasikalasebesar 94%. Pada kelas VII-B mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai gain sebesar 0,67 yang tergolong kategori sedang dan mencapai ketuntasan klasikal sebesar 88%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metodeapembelajaran Kooperatif Tipe STAD menggunakanamedia permainan engkle dapat meningkatkan hasil belajar pada proses pembelajaran.

Kata Kunci: media permainan engkle, hasil belajar

Published
2018-07-18
How to Cite
FADHILAH, L., & NURUL HIDAYATI, S. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MEDIA PERMAINAN ENGKLE PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/24278
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 90