Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Zat Aditif

  • MARIA ULFAH
  • SITI NURUL HIDAYATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis etnosains untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi zat aditif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan 4D namun tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas VIII-A MTsN Gresik. Keefektifan dari RPP etnosains yang dikembangkan diperoleh berdasarkan uji N-Gain score peningkatan minat belajar siswa dan N-Gain score dari pretest dan posttest hasil belajar pada aspek pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-Gain peningkatan minat siswa sebesar 0,74 pada kategori tinggi dan peningkatan hasil belajar pada aspek pengetahuan diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,70 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa RPP berbasis etnosains yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi zat aditif.

Kata Kunci: Efektivitas, Etnosains, Minat, Hasil Belajar


This purpose of this research is describing the effectiveness of the Lesson Plan (RPP) based on ethnoscience to increase students interest dan learning outcomes in additive topic. The type of this research is 4D development research but the dissemination phase is not carried out. The subjects of this research consisted of 30 students of VIII-A class MTsN Gresik. The effectiveness of the developed ethnoscience RPP was obtained based on the N-Gain score test of increasing student interest in learning and also by the N-Gain score from the pretest and posttest learning outcomes on the knowledge aspect. The results showed the average N-Gain increase in student interest by 0.74 in the high category and learning outcomes on aspects of knowledge obtained N-Gain average of 0.70 with a high category. Based on the results of these studies it can be concluded that ethnoscience Lesson Plan (RPP) is effective in increasing students learning interest and learning outcomes in additives topic.

Keywords: Effectiveness, Ethnoscience, Interest in Learning, Learning outcomes

Published
2019-01-17
How to Cite
ULFAH, M., & NURUL HIDAYATI, S. (2019). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Zat Aditif. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/26651
Section
Articles
Abstract Views: 649
PDF Downloads: 407