PENGEMBANGAN LKS BERBASIS ETNOSAINS PADA KELAS IX UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

  • ABID ROHMIYATUL WAHDA
  • ELOK SUDIBYO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan LKS berbasis etnosains pada kelas IX untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan kelayakan validitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research & Development yang terdiri dari 13 tahap, namun dibatasi sampai pada tahap uji coba produk. Subyek penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas IX-A MTs Negeri 1 Jombang. Teknik pengumpulan data digunakan dengan metode angket. Metode angket meliputi lembar telaah dan validitas. Hasil penelitian berdasarkan kelayakan validitas menunjukkan bahwa LKS berbasis etnosains sangat layak digunakan.

Kata Kunci: pengembangan, LKS, etnosains, keterampilan berpikir kritis.

Published
2018-07-10
How to Cite
ROHMIYATUL WAHDA, A., & SUDIBYO, E. (2018). PENGEMBANGAN LKS BERBASIS ETNOSAINS PADA KELAS IX UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23992
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 140