Implementasi Pendekataan Saintifik untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII pada Materi Pemanasan Global

  • NOVI SETIORINI
  • TUTUT NURITA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran materi pemanasan global dengan menggunakan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “one group pretest-posttest design”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-E SMPN 20 Surabaya tahun ajaran 2017-2018 yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes tulis dengan soal yang mengandung indikator keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan pendekatan saintifik. Hal tersebut terlihat dari N-Gain peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 0,65 dan masuk dalam kriteria sedang. Siswa memberikan respon sangat baik sebesar 92% dan masuk dalam kriteria sangat baik, terhadap pembelajaran pendekatan saintifik pada materi pemanasan global. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran pendekatan saintifik pada materi pemanasan global dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Pendekatan Saintifik, Pemanasan Global

Published
2018-07-19
How to Cite
SETIORINI, N., & NURITA, T. (2018). Implementasi Pendekataan Saintifik untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII pada Materi Pemanasan Global. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/24313
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 146