Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik

Authors

  • ARINI NURUL FATIHA
  • TUTUT NURITA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan pada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest and posttest design. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Modo Lamongan.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Hasil belajar pada aspek pengetahuan siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya pendekatan saintifik pada materi getaran dan gelombang yaitu dari rata-rata nilai pretest sebesar 46 meningkat pada posttest menjadi 78 dengan ketuntasan pada pada posttest sebesar 79%. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dikategorikan sedang dengan indeks gain 0,6.

Kata Kunci: hasil belajar, pendekatan saintifik, getaran dan gelombang

Abstract

CThis study aims to describe student learning outcomes after following scientific approach on vibration and wave. The type of research used in pre-experimental design with research plan One Group Pretest and Posttest design. The subject of this research is the VIII-A students of junior high school 1 Modo Lamongan. The techniques of collecting data is test. The students learning outcomes on knowledge competence improve after the scientific approach applied on vibration and wave material; that is from the average of 46 become 78 with classical completeness on posttest 79%. The improving of student learning outcomes is categorized sufficient with gain index 0.6.

Keywords: learning outcomes, scientific approach, vibration and wave

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-18

How to Cite

NURUL FATIHA, A., & NURITA, T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/26703

Issue

Section

Articles
Abstract views: 108 , PDF Downloads: 240

Most read articles by the same author(s)

> >>